DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas X IPS Pada Materi Pokok Pembentukan dan Pemanfaatan Tanah dengan Struktur Penulisan Ensiklopedia

ISKANDAR DINATA

Abstrak


ABSTRAK

 

Iskandar, 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas X IPS Pada Materi Pokok Pembentukan dan Pemanfaatan Tanah dengan Struktur Penulisan Ensiklopedia. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos dan (2) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Buku teks Geografi, Ensiklopedia.

Keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan sangat tergantung pada keberhasilan guru merancang materi pembelajaran. Kesulitan guru untuk mengkolaborasikan pembelajaran secara saintifik, mengharuskan guru untuk mengelola materi pelajaran yang di dalamnya terdapat unsur saintifik (mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, melihat penjelasan pada buku teks geografi yang terbatas akan sangat sulit untuk mengaplikasikan ke lima unsur tersebut dalam satu materi pelajaran.. Kreativitas guru sangat diperlukan untuk mengembangkan mareri tersebut. Pada buku teks geografi yang digunakan guru dan siswa di sekolah belum mencakup keseluruhan fenomena dan permasalahan yang bisa dianalisis siswa. Penjelasan pada buku teks masih terbatas dan masih mengacu pada aspek kognitif siswa saja. Selain itu, penjelasan pada buku teks belum mampu untuk mengarahkan siswa belajar secara saintifik.

Uji coba produk hasil pengembangan meliputi: (1) rancangan uji coba untuk mengetahui tingkat validitas dan kualitas produk. Tingkat validitas dilakukan melalui dua tahap, yaitu: (a) review oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli desain pembelajaran, ahli pembelajaran, dan (b) uji coba lapangan. (2) subjek uji coba yang terdiri dari 10 orang siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang. (3) jenis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data tersebut diperoleh dari uji coba lapangan melalui angket tanggapan dari siswa. (4) teknik analisis data yang digunakan dengan analisis statistic deskriptif.

Berdasarkan penilaian siswa terhadap buku teks yang dibagikan mendapatkan hasil 91,75% dari yang diharapkan (100%). Komentar dan saran tertulis oleh siswa dijadikan bahan pertimbangan untuk menyempurnakan buku teks. Dapat disimpulkan bahwa buku teks tidak perlu lagi ada revisi terkait dengan keseluruhan komponen dalam buku teks.

Saran pemanfaatan: (a) kehadiran buku teks dapat menjadi motivasi bagi guru dalam melakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar yang lebih kreatif dalam melaksanakan kewajiban sebagai tenaga pendidik, (b) pemanfaatan buku teks dapat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang serupa dengan materi yang ada dalam buku teks, dan (c) buku teks ini juga dapat menjadi landasan bagi siswa dalam melakukan pemecahan permasalahan dan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas dalam melaksanakan tugas di sekolah.

Saran diseminasi: (a) buku teks yang dikembangkan ini didesain berdasarkan analisis kebutuhan siswa, sehingga penulisan materi diintegrasikan dengan kondisi siswa SMA sederajat, (b) tahapan dari penelitian dan pengembangan terbatas pada mengetahui tingkat kemenarikan siswa terhadap produk yang dikembangkan, dan (c) lebih lanjut, untuk mengetahui efektivitas dari buku dilakukan tes sumatif.

Saran pengembangan lebih lanjut: (a) penelitian yang dimuatkan dalam buku teks hanya terbatas pada satu materi pokok saja. Pada dasarnya materi pembentukan dan pemanfaatan tanah dibahas pada kompetensi dasar pengaruh tenaga endogen dan eksogen terhadap permukaan bumi. Sehingga diperlukan penelitian lanjutan terkait materi lainnya pada kompetensi dasar, (b) perlunya penerapan tes pada skala kelompok yang lebih besar dalam melihat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dimuat dalam produk yang dikembangkan, dan (c) perlunya dilakukan eksperimen terhadap produk yang dihasilkan untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam terhadap beberapa aspek.