DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL BRAIND BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA BERPENGETAHUAN AWAL TINGGI DAN RENDAH

dinicen . viclara

Abstrak


ABSTRAK

Viclara, Dinicen. 2016. Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Mind MapterhadapPenguasaanKonsepFisikaSiswaBerpengetahuanAwalTinggidanRendah.Tesis. Program StudiPendidikanFisika, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhardjito, M.S (2) Dr. SupriyonoKoes H, M.Pd, M.A.

Kata Kunci: Brain Based Learning, Mind Map, pengetahuanawal, penguasaankonsep.

Meskipunsudahbanyakdilakukanpenelitianuntukmemperbaikipenguasaankonsepfisikadenganmemperhatikanpengetahuanawalsiswa, penguasaankonsepfisikamasihmenjadimasalah yang perluterusdiperbaiki. Usaha untukmenerapkanpembelajaranberbasisfungsikerjaotaksesuaipengetahuanawalsiswamenjadicarauntukmemperbaikinya. Olehkarenaitutujuanutamapenelitianiniadalahuntukmengkajipengaruh model brain based learningberbantuanmind mapterhadappenguasaankonsepsiswaberpengetahuanawaltinggidanrendah.

Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimenkuasi, denganrancanganfaktorial 2 x 2.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas XI IPA SMA Negeri 1 PesanggaranBanyuwangiTahunAjaran 2015/2016 yang terdiriatasenamkelas. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahtespengetahuanawal yang berbentukpilihangandadantespengusaankonsep yang berbentukpilihanganda. Reliabilitastespengetahuanawalsebesar 0,41dantespenguasaankonsepsebesar0,53. Data yang dihasilkanselamapenelitiandiolahsecarastatistikinferensialyaitumenggunakanujiAnavaduajalurdanujilanjutTukey.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1)Terdapatperbedaanpenguasaankonsepfisikasiswa yang mempunyaipengetahuanawaltinggidanpengetahuanawalrendah; (2) Tidakterdapatinteraksiantaramodel pembelajaran( menggunakanmodel brain based learningberbantuanmind map, model brain based learning)danpengetahuanawalterhadappenguasaankonsepsiswa; (3) Penguasaankonsepfisikasiswa yang berpengetahuanawaltinggi yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning berbantuanmind maplebihtinggidibandingkanpenguasaankonsepsiswa yang berpengetahuanawaltinggi yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning; (4) Penguasaankonsepfisikasiswa yang berpengetahuanawalrendah yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning berbantuanmind maplebihtinggidibandingkanpenguasaankonsepsiswa yang berpengetahuanawalrendah yang belajardenganmenggunakanmodel brain based learning.Hasilinidiperolehkarenapada model brain based learningberbantuanmind mapadapenyajiangejalafisikadalamkehidupansehari – haridanmemberikangambaran yang menyeluruhterhadapmateri yang dipelajari.

Beberapa saran terkaithasilpenelitianini. Pertama, pembelajaranbrain based learning berbantuanmind mapdapatdigunakan guru untukalternatifpembelajaranfisikadikelas. Kedua, hendaknyamengukurpengetahuanawalsiswasebelumpembelajarandimulaiuntukmenentukanperlakuanpembelajaran. ketiga, terkaitpenelitianlanjutanpadapenelitianinidapatdigunakanpadamaterifisika yang lain.