DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL BRAIND BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA BERPENGETAHUAN AWAL TINGGI DAN RENDAH

DINICEN VICLARA

Abstrak


ABSTRAK

 

Viclara, Dinicen. 2016. Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Mind Map  terhadap Penguasaan Konsep  Fisika Siswa  Berpengetahuan Awal Tinggi dan Rendah. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhardjito, M.S (2) Dr. Supriyono Koes H, M.Pd, M.A.

 

Kata Kunci: Brain Based Learning, Mind Map, pengetahuan awal, penguasaan konsep.

Meskipun sudah banyak dilakukan penelitian untuk memperbaiki penguasaan konsep fisika dengan memperhatikan pengetahuan awal siswa, penguasaan konsep fisika masih menjadi masalah yang perlu terus diperbaiki. Usaha untuk menerapkan pembelajaran berbasis fungsi kerja otak sesuai pengetahuan awal siswa menjadi cara untuk memperbaikinya. Oleh karena itu tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model brain based learning berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pesanggaran Banyuwangi Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri atas enam kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan awal yang berbentuk pilihan ganda dan tes pengusaan konsep yang berbentuk pilihan ganda. Reliabilitas tes pengetahuan awal sebesar 0,41 dan tes penguasaan konsep sebesar 0,53. Data yang dihasilkan selama penelitian diolah secara statistik inferensial yaitu menggunakan uji Anava dua jalur dan uji lanjut Tukey.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat  perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah; (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ( menggunakan model brain based learning berbantuan mind map, model brain based learning) dan pengetahuan awal terhadap penguasaan konsep  siswa; (3) Penguasaan konsep fisika siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang belajar dengan menggunakan model brain based learning berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan penguasaan konsep siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang belajar dengan menggunakan model brain based learning; (4) Penguasaan konsep fisika siswa yang berpengetahuan awal rendah yang belajar dengan menggunakan model brain based learning berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan penguasaan konsep siswa yang berpengetahuan awal rendah yang belajar dengan menggunakan model brain based learning. Hasil ini diperoleh karena pada model brain based learning berbantuan mind map ada penyajian gejala fisika dalam kehidupan sehari – hari dan memberikan gambaran yang menyeluruh terhadap materi yang dipelajari.

Beberapa saran terkait hasil penelitian ini. Pertama, pembelajaran brain based learning berbantuan mind map dapat digunakan guru untuk alternatif pembelajaran fisika dikelas. Kedua, hendaknya mengukur pengetahuan awal siswa sebelum pembelajaran dimulai untuk menentukan perlakuan pembelajaran. ketiga, terkait penelitian lanjutan pada penelitian ini dapat digunakan pada materi fisika yang lain.

 

ABSTRACT

Viclara, Dinicen. 2016.  The Effect of Model Brain Based Learning  Assisted by Mind Map on Acquisition of Physics Concept of Students who had High and Low  Prior Knowledge . Thesis. Program Study of Physics Education, Graduate Program  of  State University  of Malang.  Advisors: (1) Dr. Muhardjito, M.S (2) Dr. Supriyono Koes H, M. Pd, M.A.

 

Keywords: Brain Based Learning, Mind Map, Prior Knowledge, Acquisition of Physics Concepts.

Although there are many research has been performed to improve acquisition of physics concepts of students in accordance student’s prior knowledge, it is still an issue that needs to be fixed. The effort to apply a learning which is based on the function of the brain and in accordance with students’ prior knowledge becomes a way to fix it. This study was conducted to find out the effect of model brain based learning assisted by mind map on acquisition of physics concepts of students who had high and low prior knowledge.

This is quasi-experimental research with 2 x 2 factorial design. The participants of this study were eleventh grade of State Senior High School 1 Pesanggaran Banyuwangi, of 2015/ 2016 academic year. There were sixth classes. The research instrument is prior knowledge test that multiple choice and the test’s acquisition of physics concept that multiple choice too. Reliability test’s prior knowledge is equal to 0, 41 and the test of acquisition of physics concept is equal to 0, 53. The data of this study were tested using two way anova and post-hoc tukey.

The result of this study showed that: (1) there was difference between acquisition of physics concepts of students who had high prior knowledge and low prior knowledge; (2) there wasn’t interaction between learning (using brain based learning with mind map and brain based learning), and prior knowledge on acquisition of physics concepts; (3) the acquisition of physics concepts of student who had high prior knowledge learned by the model brain based learning with mind map is higher than student who had high prior knowledge learned by the model brain based learning; (4) the acquisition of physics concepts of student who had low prior knowledge learned by the model brain based learning with mind map is higher than student who had low prior knowledge learned by the model brain based learning. These result due to the model of brain based learning assisted by mind map give a learning with daily physics’ phenomenon and can give a thorough overview of the learning concepts.

Several suggestion are proposed based on this research. First, the model of brain based learning with mind map can be used by teacher as an alternative to iv teaching physics in the classroom. Second, measuring student’s prior knowledge should be done before the learning begins to determine the treatment of learning. Third, advanced to do future research for this study on implementing in another physics topics.