DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Teknik-Teknik Pengubahan Perilaku Dalam Penerapan Pemikiran Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah Untuk Pengentasan Pelaku Seks Bebas dan Homoseks (Kajian Analisis Hermeneutika Bersusun)

ASWAR

Abstrak


ABSTRAK

 

Aswar. 2016. Identifikasi Teknik-Teknik Pengubahan Perilaku Dalam Penerapan Pemikiran Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah Untuk Pengentasan Pelaku Seks Bebas dan Homoseks. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Andi Mappiare-AT, M.Pd., (II) Dr. H. M. Ramli, MA.

 

Kata-kunci: Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah, teknik-teknik pengubahan perilaku, seks bebas dan homoseks.

Perilaku seks bebas dan homoseks di kalangan pelajarmenunjukkan keprihatinan. Nada-nadanya menyuratkan konstribusi riil bimbingan dan konseling dalam upaya pencegahan dan pengentasan perilaku malasuai tersebut. Adapun melalui pengkajian teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah diyakini dapat memberikan sajian solutif atasnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif-ekploratif, dengan strategi analisis hermeneutika bersusun. Data teks dalam penelitian ini adalah:1) teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah melalui sejumlah kitab karangannya; 2) data lapangan diperoleh dari subjek terteliti lapangan yaitu ustadz/roqy/praktisi melalui interviu; dan 3) data observasi melalui pengamatan situasi Ma’had ‘Aly al-Aimmah Malang, dan situasi prosesi ruqyahsyar’iyyah tim RSC-M. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan  triangulasi, validasi intersubjektivitas, dan peer review.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) memperoleh sejumlah keterangan deskriptif-ekploratif terkait sasaran intervensi pengubahan perilaku seks bebas dan homoseks berdasarkan teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyah; 2) memperoleh sejumlah keterangan deskriptif-eksploratif terkait analisis dan diagnosis masalah pelaku seks bebas dan homoseks berdasarkan teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyah; 3) memperoleh sejumlah pemahaman deskriptif-ekploratif pada tiap bentuk perlakuan yang dapat dijadikan sebagai teknik pengubahan perilaku seks bebas dan homoseks berdasarkan teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyah.

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa: 1) sasaran intervensi pengubahan perilaku berfokus di pikiran/keyakinan; 2) analisis dan diagnosis masalah pelaku seks bebas dan homoseks berkutat pada pikiran/keyakinan tidak sehat dan perbuatan/kebiasaan tidak sehat. Adapun 3) teknik-teknik pengubahan perilakuuntuk pengentasan perilakuseks bebas dan homoseks yaitu: a) teknik intervensi pikiran; b) teknik mengatasigangguan syahwat; c) teknik mengatasi homoseks; dan d) praktik ibadah sebagai teknik pengubahan perilaku.

Implikasi dari penelitian ini adalah dapat dimanfaatkan oleh segenap profesiyang bersifat helping profession seperti konselor, Guru, dan psikolog sebagai kerangka konseptual untuk intervensi pengubahan perilaku malasuai. Adapun saran-saran dan pengharapan penelitian selanjutnya yaitu: 1) hasil penelitian ini seyogianya diterapkan di lingkungan pendidikan dan sosial-masyarakat; 2) ditindak lanjuti dengan penelitian action research; dan 3) peneliti berharap ada upaya penelitian selanjutnya yang berbasis kajian pemikiran ulama klasik yang dapat diserap ke dalam bimbingan dan konseling.

 

ABSTRACT

 

Aswar. 2016.The indentification of behaviour modification techniques in thought implication from Ibn Qoyyim al-Jauziah for the alleviation of freesex and homosexuality. Thesis. Study Guidance and Counseling Program, Graduate University of Malang. Advisors: (I) Dr. H. Andi Mappiare-AT, M.Pd., (II) Dr. H. M. Ramli, MA.

 

Keywords: Ibn Qoyyimal-Jauziah, behaviour modification techniques, free sex and homosexuality.

Nowdays free sex and homosexuality among learners become concerns. It brings a real contribution of guidance and counseling in the prevention and alleviation of the maladaptivebehavior. Through the text analysis of Ibn Qoyyim al-Jauziah it is believed to be able to provide solution.

This study used a qualitative approach using descriptive-explorative, with systematic hermeneutic analysis strategy. Text data in this study were: 1) the text of thinking Ibn Qoyyim al-Jauziahthrough a number of books of his compositions; 2) The field data obtained from the subjects namely ustadz/roqy/ practitioner through interviews; and 3) the observation data through Ma'had situation 'Aly al-Aimmah Malang, and the situational process of ruqyahsyar'iyyah team from RSC-M. As for checking the data was validated by using triangulation, intersubjectivity validation, and peer review.

The purposes of this study were: 1) obtain a descriptive-explorative information related interventions targeted behaviours modification of free sex and homosexuality based text thinking from Ibn Qoyyim al-Jauziah; 2) obtain a descriptive-explorative information related to the analysis and diagnosis of the problem and homosexual sex offenders based text thinking of Ibn Qoyyim al-Jauziah; 3) obtain a descriptive-explorative understanding of each form of treatment that can be used as a techniques of modifying sexual behavior and homosexual based text thinking of Ibn Qoyyim al-Jauziah.

This study found that: 1) targeted interventions focused on changing the behavior of thoughts/beliefs; 2) analysis and diagnosis of the problem and homosexual sex offenders relating on thoughts/beliefs and unhealthy actions/ habits. As for 3) the behaviourmodification techniques to alleviate freesex and homosexuality namely: a) intervention techniques of mind; b) overcoming techniques orgasm disorder; c) overcoming techniques of homosexuality; and d) religious practices as behavior modification techniques.

The implications of this study can be utilized by all profession for helping professions such as counselors, teachers, and psychologists as a conceptual framework for behavior change interventions of maladaptive. As suggestions and expectations for further research are; 1) the results of this study should be applied in the educational environment and socio-community; 2) followed up with action research study; and 3) there is an attempt for researchers expected for further research-based study of classical scholars which can be absorbed into the guidance and counseling.