DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PeningkatanKeterampilanMembacaIntensifMelalui Model Cooperative Script padaSiswaKelas IV SDN Purwodadi 4 KecamatanBlimbing Kota Malang.

STEVANI AGIS OCTAVIA HARSATYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Harsatya, StevaniAgis Octavia. 2016. PeningkatanKeterampilanMembacaIntensifMelalui Model Cooperative Script padaSiswaKelas IV SDN Purwodadi 4 KecamatanBlimbing Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Guru SekolahDasar, JususanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sjaffrudin A.R, S.Pd, M.Pd, (2)Dra. RatnaTriekaAgustina, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilanmembacaintensif, Model cooperative script.

Berdasarkanhasilobservasidanwawancarakepada guru dansiswaterhadapmembacaintensifpadakelas IV SDN Purwodadi 4 kecamatanBlimbing.Kota Malang.Diperoleh data bahwakemampuanmembacaintensifsiswatersebutmasihrendah, yaitu (1) 17 siswamasihbelumdapatmenemui ide pokokdanmenjawabpertanyaandenganbenar, selainitu 29 siswamasihbelumdapatmenyimpulkanbacaandenganbenar. dan (2) siswatidakdapatmemahami kata-kata sulitdalambacaanapalagimenyimpulkanisibacaan.Penelitianinidilaksanakandengantujuaninginmembuktikanapakahdengan model Cooperative Script dapatmeningkatkankemampuanmembacasiswa di SDN Purwodadi 4 Blimbing

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas yang dilaksanakanmelaluitigatahapanyaitupratindakan, siklus I dansiklus II.Pengumpulan data denganmenggunakanteknikobservasi, wawancara, dokumentasi, tesdancatatanlapangan.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatif yang meliputireduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.

Hasilpenelitianmenunjukkanpadakegiatanawalsikapantusiassiswadalambelajarmulaitampak.Dalamkegiatanintisiswamulaitampakaktifdalambelajar.Ketikakegiatanmembaca, siswamulaimembacadalamhatidantidakadakegaduhan di kelas.Sikapmandiri, kerjasama, dankeberaniansiswadalambertanyajugamengerjakantugassudahbaik.Nilaiakhirbelajarsiswaturutmeningkatyaitupadasaatpratindakanpresentaseketuntasanklasikalsiswasebesar 23,25% menjadi 70,45% padasiklus I danmeningkatlagimenjadi 97,82% padasiklus II.

Data tersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapan model cooperative scriptdapatmeningkatkanketerampilanmembacaintensifpadasiswakelas IV SDN Purwodadi 4 KecamatanBlimbing Kota Malang.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepada guru untukmenerapkan model-model pembelajaranbaru agar kegiatanpembelajarandapatberjalanlancardantidakmonoton.