DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Petualangan di Rumah Warna dalam Pembelajaran Motorik untuk Anak Kelompok A

KHILYATUN NUR FADHILAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Fadhilah, Khilyatun Nur. 2016. Pengembangan Permainan Petualangan Di Rumah Warna dalam Pembelajaran Motorik Kasar pada Anak Kelompok A. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Sutama, M. Pd., (II) Evania Yafie, S. Pd, M. Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar, permainan Petualangan di Rumah Warna.

Aktivitas motorik kasar pada anak dapat membantu, membangun serta memperkuat tubuh anak. Pembelajaran yang menekankan aspek pengembangan fisik motorik kasar yang melibatkan anak untuk memproleh pengalaman pembelajaran secara langsung melalui permainan masih jarang dilakukan. Kreatifitas dan wawasan guru dalam membuat rancangan pembelajaran dan minimnya alat permainan mengakibatkan pembelajarana yang dilakukan kurang efektif dan kurang menarik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan adanya permainan yang efektif, mudah dan menarik guna menunjang pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan permainan petualangan di rumah warna yang valid untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif, mudah, dan menarik bagi anak.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan Borg and Gall dengan 7 langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan. Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan terdiri dari 6 orang ahli, ahli pembelajaran anak usia dini, ahli permainan anak usia dini, dan ahli pembelajaran fisik mototrik,  uji coba kelompok kecil 8 anak dan uji coba kelompok besar 75 anak.

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk permainan petualangan di rumah warna dengan kriteria keberhasilan yaitu: (1) berupa presentase hasil evluasi dari pembelajaran anak usia dini 89% (2) ahli permainan anak usia dini 85% (3) ahli pembelajaran fisik motorik 86,25%. Tingkat kemampuan anak dalam melakukan permainan selama uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 95% dan uji coba lapangan diproleh persentase rata-rata 87%.

Berdasarkan penyajian data di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan produk permainan petualangan di rumah warna dapat digunakan dalam pembelajaran motorik kasar bagi anak usia dini.

Saran yang dapat diberikan antara lain, permainan ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di TK, hasil pengembangan ini dapat diterapkan kembali dengan menambahkan variasi pada permainan petualangan di rumah warna sehingga aspek perkembangan yang akan tercapai menjadi lebih luas.

 

ABSTRACK

 

Fadhilah, Khilyatun Nur 2016. Developing Adventure Game at Colour House in Learning Rough Motoric at the Children of Group A. Thesis, Primary School and Preschool Education Major, Early Childhood Education Department, Educational Science Faculty, State University of Malang. Advisor (I) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd, (II) Evania Yafie, S.PD, M.Pd  

 

Key Words: Developing the Ability of Rough Motoric, Adventure Game at Colour House

The activity of rough motoric at children can help, build, and strengthen children’s body. Learning which emphasizes on rough motoric physical development aspect which involves children to get direct learning experience through rare games.Creativity and teacher’s insight in making lesson plan and limited tool toy cause the learning process uneffective and uninteresting.Based on the statement above, it needs to have an effective, easy, and interesting game to deveop the interesting learning for children. The purpose of this research is to produce valid adventure game at colour house to develop the rough motoric ability so that learning activity will be effective, easy, and interesting for children.

This research used research and development design from Borg and Gall with seven steps of implementation of research and development strategy. The data collection was qualitative and quantitative. The data was gained by using observation technique, interview, and documentation. The result of the data was from six experts, they are: expert of learning in early childhood, expert of game in early childhood, and expert of learning physical motoric, experiment of small group with eight children and experiment of big group with seventy five children.

The result of research and development was the product of adventure game  at colour house with the criteria od success: (1) The percentage of the evaluation of early children learning was 89%, (2) Expert of game in early childhood was 85%, (3) Expert of physical motoric was 86,25%. The mean of level of children’s ability  in playing game during the experiment of small group was gained 95% and the mean of field experiment was 87%.   Based on the data presentation above, it can be concluded that research and development of adventure game product at colour house could be used in rough motoric learning for early childhood.

The suggestions that can be given as follows, this game can be used as the alternative in learning process at kindergarten, the result of the development can be reapplied by adding the variety at the adveture game at  colour house, so the development aspect will be more achieved.