DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kombinasi Model Problem Based Learning dengan Teams Games Tournament terhadap Hasil dan Minat Belajar Geografi Siswa MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung

Rika Hajizah Purba

Abstrak


ABSTRAK

 

Purba, Rika Hajizah. 2016.Pengaruh Kombinasi Model Problem Based Learning dengan Teams Games Tournament terhadap Hasil dan Minat Belajar Geografi Siswa MAN Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ach Fatchan, M.Pd., M.P (II) Dr. Singgih Susilo,M.S, M.Si

 

Kata kunci:  Problem Based Learning, Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Minat Belajar.

Model pembelajaran mempunyai peran  penting untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa  mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini yang mampu meningkatkan pemahaman materi pembelajaran dengan baik, sehingga hasil belajar yang diperoleh mencapai SKM. Untuk mencapai tujuan pembelajaran ini diperlukan suatu model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kurikulum 2013. Salah satunya adalah kombinasi model Problem Based Learningdengan Teams Games Tournament.

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur minat belajar. Hasil belajar diukur dengan menggunakan pretest dan posttest, sedangkan minat belajar diukur hanya menggunakan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah ujit independen sample testyang diselesaikan dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol baik pada hasil belajar maupun minat belajar. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata gain scorehasil belajar siswa pada kelas eksperimen 19,3 sedangkan pada kelas kontrol sebesar  6,25.Rata-rata skor minat belajar pada kelas eksperimen sebesar 39,1 dan pada kelas kontrol sebesar 30,6. Berdasarkan hasil uji t hasil belajar pada p-level adalah 0,000 dan minat belajar diperoleh sigifikansi p-level adalah 0,000. Data p-level lebih kecil dari signifikansi yaitu 0,05 (p