DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan model problem creating setting peer learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

RATIH PUSPA SARI

Abstrak


Abstract:  This study aims to acquire  learning model problem creating peer  learning settings are valid, practical and effective. This type of research  is  the development of research models Plomp. This  development model  consists of  three  stages,  namely:  (1)  prelimenary  research;  (2) prototyping  phase;  (3)  assessment  phase. The subject of research  involving 45  students of class  X  IPA at SMAN  1  Kedungwaru  Tulungagung.  Results of  the study  is the syntax learning model, namely: (1) determine the learning objectives of mathematics; (2) determine the context of the problem; (3) create problems; (4)  the filing of a problem by  the students; (5) anticipate the responses of the students; (6) apply and reflect. Based on an assessment of the validator and teachers, and instruments developed models are valid and enforceable.

Key words : Problem Creating, Creative Thinking, Geometry

 

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran problem creating setting peer learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp. Model pengembangan ini terdiri dari 3 tahap, yaitu: (1) prelimenary research (penelitian awal); (2)  prototyping phase (fase pengembangan); (3) assessment phase (fase penilaian). Subjek penelitian melibatkan 45 siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung.  Hasil penelitian adalah sintaks model pembelajaran yaitu: (1) menentukan tujuan pembelajaran matematika; (2) menentukan konteks masalah; (3) menciptakan masalah; (4) pengajuan masalah oleh siswa; (5) mengantisipasi jawaban siswa; (6) menerapkan dan merefleksi. Berdasarkan penilaian dari validator dan guru, model dan instrumen yang dikembangkan sudah valid dan dapat diterapkan.

Kata Kunci : problem creating, berpikir kreatif, geometri