DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Solusi dan Buku Panduan Pembelajaran Transformatif untuk Program Pendampingan Anak Jalanan

Tiara Rahmania Martharini

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmania M, Tiara. 2016. Model Solusi dan Buku Panduan Pembelajaran Transformatif untuk Program Pendampingan Anak Jalanan. Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Rasyad, M.Pd., (II) Dr. M. Djauzi Moedzakir, M.A   

 

Kata kunci: Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Informal, Pembelajaran Transformatif, Anak Jalanan.

Di Indonesia banyak ditemukan anak jalanan yang telah mengikuti program pendampingan, tetapi tetap kembali ke jalanan. Menurut Wahyuni (2009:174) “pendampingan anak jalanan akan memperoleh keberhasilan apabila mampu mengubah dan menyentuh mindset anak jalanan disamping mementingkan hal yang bersifat hard skill ”.  Sehingga konsekuensi pendampingan yang ideal adalah memiliki konsep perubahan keyakinan atau pembelajaran yang transformatif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk yang layak digunakan, berupa model solusi dan buku panduan pelaksanaan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran transformatif untuk program pendampingan anak jalanan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan tahap: (1) Penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan dan pengembangan produk; (3) Validasi ahli dan revisi: (4) Validasi pengguna lapangan terbatas dan revisi; (5) Validasi pengguna lapangan luas dan revisi;(6) Pelaporan. Validasi produk dilakukan oleh masing-masing dua orang ahli bidang PLS dan ahli media pembelajaran, sementara validasi pengguna lapangan dilakukan oleh dua kelompok pengguna. Kelompok pertama adalah pendamping dari Sanggar Alang-Alang Surabaya. Kelompok kedua adalah pendamping dari komunitas Save Street Child Malang. 

Hasil dari penelitian ini adalah buku panduan pembelajaran yang didalamnya memuat model solusi dan panduan pelaksanaan pembelajaran transformatif untuk program pendampingan anak jalanan. Pada model solusi berdasarkan permasalahan dan dianalisis sesuai kebutuhan, daya dukung, landasan konseptual, dan landasan prosedural. Semua landasan pengembangan buku dan penjelasan tentang pembelajaran transformatif untuk pengembangan anak jalanan dijelaskan secara praktis pada bab 1, 2 dan 3. Bab 4 adalah panduan pelaksanaan yang bisa dilaksanakan langsung di lapangan. Hasil pengembangan buku panduan ini berdasarkan tanggapan dari ahli  bidang PLS masing-masing sebesar 75% dengan interpretasi cukup layak digunakan dan ahli media pembelajaran menyatakan media ini cukup layak  dengan jumlah tanggapan sebesar 89,28% dan 64,28%. Tanggapan dari 10 pengguna terbatas dan 20 pengguna luas adalah buku panduan ini memiliki kualifikasi dan interpretasi cukup valid dengan revisi kecil sehingga layak digunakan. Buku panduan dalam penelitian ini diproduksi untuk pendamping, sehingga efektivitas buku panduan terhadap anak jalanan tidak diteliti. 

Disarankan untuk dilakukan penelitian terkait efektivitas buku panduan yang digunakan pendamping kepada anak jalanan, serta penelitian tindakan masalah anak jalanan dengan menggunakan buku panduan ini.

 

ABSTRACT

Rahmania M, Tiara.  2016.  Solution Model and Guide of Transformative Learning for Street Children Assisting Program. Tesis. Out of School Education Graduate Program. Advisors: (I) Dr. Ach. Rasyad, M.Pd., (II) Dr. M. Djauzi Moedzakir, M.A 

 

Keywords: Out of School Education, Informal Education, Transformative Learning, Street Children.

In Indonesia there are many street children who have attended assisting programs, but still return to the streets. According to Wahyuni (2009: 174) " assisting street child will achieve success if it is able to change and touch mindset concerned with street child in addition to things that are hard skills". So that the consequences of ideal assisting is to have the concept change of mindset or transformative learning.

This study aims to produce a guidebook learning which includes the solution model and implementation guidelines to cover the need transformative learning street children assisting program. This research was the development, of the research phase : (1) Research introduction; (2) Planning and product development; (3) Validation of experts and revision; (4) Validate the limited field and revision; (5) Validation wide users and revisions; (6) Reporting. Validation of the product is done by each of the two PLS experts and learning media experts, while learning field validation is done by two groups. The first group is an assistants of Sanggar Alang-Alang Surabaya. The second group is an assistants of the Save Street Child Malang community.

Results from this study is a guidebook learning which includes the solution model and the implementation guidelines. In the model solution based on the problems and analyzed the needs, carrying capacity, grounding conceptual and procedural. All books runway development and explanation of transformative learning for the development of street children is practically described in Chapter 1, 2 and 3. Chapter 4 is the implementation guidelines that can be implemented directly in the field. The result of the development of this guide is based on feedback from field PLS experts respectively by 75% with the use and interpretation is quite viable and learning media expert media claim is quite viable  with the number of responses amounted  89.28% and 64.28%. Responses from 10 limited users and 20 widespread users is this guide has the qualifications and the interpretation is valid with minor revisions so that used. Guidebook in this study produced for a assistants, so that the effectiveness of the guidebook on street children was not researched. 

Suggested to doing research about effectiveness of guidebook that used by assistant towards street children, and  doing action research about problem of street children by use this guidebook.