DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa

FIMMATUR RIZKA ARDINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran sangat penting untuk diperhatikan. Dengan adanya komunikasi matematis tulis dapat membawa siswapadapemahaman yang mendalamtentangmatematika. Namunfaktanyakemampuaninikurangdiperhatikan. Kemampuan komunikasi matematis tulis yang dimaksudkan dalam penelitian ini terdiri dari empat indicator yaitu 1) Siswa menuliskan ide matematis menggunakan bahasa matematis dengan jelas sehingga dapat dipahami orang lain 2) siswa dapat menuliskan alas an atas jawaban yang diberikan3) Siswa memahami pemikiran orang lain dengan dapat mengemukakan kembali ide orang lain dalam bentuk tertulis dengan kalimatnya sendiri 4) Siswa menuliskan tanggapan (kritikdan saran) terhadap ide orang lain. Hasil observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 4 Malang dan SMP Al-Fattahiyah diketahui bahwa kemampuan komunikasi utamanya kemampuan komunikasi matematis tulis tergolong rendah. Model pembelajaran yang digunakan menjadi salah satu penyebab kurang aktifnya siswa dalam berkomunikasi di dalam kelas. RPP dan LKS yang digunakan juga seadanya. Pejabaran langkah-langkah pembelajaran pada RPP tidak diuraikans ecara detail.

Perangkat pembelajaran matematika dengan model 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matemati stulis siswa adalah perangkat pembelajaran berupa LKS dan RPP yang didalamnya memuat tahapan/ fase dalam model 5E yaitu engage, explore, explain, elaborate dan evaluate. Tujuan pengembangan yang dilakukana dalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa pada pokok bahasan SPLDV yang valid, praktisdanefektif. Model pengembanganmengacupada model pengembanganPlomp (2010). dengan hasilnya adalah perangkat pembelajaran matematika dengan model 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.