DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Technological Pedagogical Content Knowledge dan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika melalui Model Pembelajaran POST-PACK di Universitas Negeri Malang

Mar'atus Sholihah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholihah, Mar’atus. 2016. Technological Pedagogical Content Knowledge dan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika melalui Model Pembelajaran POST-PACK di Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Lia Yuliati, M.Pd.,   (II) Dr.Wartono, M.Pd

 

Kata Kunci:  Technological Pedagogical Content Knowledge, perangkat pembelajaran, model pembelajaran Project Problem Solving TPACK (POST-PACK), calon guru fisika

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran memiliki keterkaitan dan penting bagi calon guru fisika. TPACK adalah pengetahuan yang kompleks karena merupakan hasil irisan dari pengetahuan konten materi, pedagogi, dan teknologi. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui TPACK dan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran calon guru fisika, serta menganalisis korelasi antara TPACK terhadap kemampuan menyusun perangkat pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan model penelitian mixed method embedded experimental model. Subjek penelitian adalah sembilan belas calon guru fisika yang sedang menempuh mata kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F) pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di UM yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran POST-PACK. Model pembelajaran POST-PACK terdiri atas enam fase yaitu focus on the problem, describe the physics with mind map and CoRe, design lesson plan based on the problem, peer assessment  and progress of the project, implementation of lesson plan dan, reflection and evaluation. Instrumen penelitian terdiri atas SAP dan LKM yang sesuai dengan sintaks model pembelajaran POST-PACK, instrumen tes TPACK, soal penilaian diri TK dan TPK, rubrik penilaian mind map, CoRe, perangkat pembelajaran, dan lembar keterlaksanaan perkuliahan P3F. Analisis untuk mengetahui peningkatan TPACK dan pengaruh dianalisis dengan uji N-Gain dan uji effect size. Hasil analisis perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Di sisi lain, uji statistik non parametris Spearman Rank digunakan untuk menganalisis korelasi TPACK terhadap kemampuan menyusun perangkat pembelajaran. Selain itu, analisis secara kualitatif dilakukan dengan cara pengkodean, yang diinterprestasikan ke dalam bentuk grafik dan tabel.

Hasil analisis menunjukkan bahwa TPACK calon guru fisika mengalami peningkatan. Hasil analisis perangkat pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan kemampuan calon guru fisika dalam menyusun RPP dan LKS mulai dari kerja berkelompok sampai pada kerja mandiri. Komponen kemampuan menyusun perangkat pembelajaran yang masih harus ditingkatkan lagi adalah kemampuan merencanakan kegiatan pembelajaran, menyusun penilaian, memilih sumber belajar dan teknologi, serta merencanakan aktivitas dan pertanyaan diskusi di LKS.