DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Pendekatan RME untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara

Agus Prianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Prianto, Agus. 2016. Penerapan Pembelajaran Pendekatan RME untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Subanji, M.Si., (II) Dr. rer.nat. I Made Sulandra, M.Si.

 

Salah satu tujuan mempelajari matematika di sekolah adalah agar siswa memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, dan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan dan menafsirkan solusi yang telah diperoleh. Usaha menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Jepara belum menjadi perhatian utama guru. Selama ini, pembelajaran matematika lebih menekankan mempelajari materi matematika sebagai “produk jadi”, bukan “berorientasi sebagai proses dan aktivitas siswa”. Hal ini tidak sesuai dengan hakikat ide matematika, yaitu sebagai suatu aktivitas manusia. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diterapkan pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematic Education).

Pembelajaran pendekatan RME merupakan pembelajaran pada bidang matematika yang menggunakan masalah realistis atau kontekstual sebagai titik awal untuk pengembangan ide dan konsep matematika, dan pembelajaran yang berorientasi sebagai proses dan aktivitas siswa. Ketika siswa memahami dan menyelesaikan masalah kontekstual, perbedaan strategi dan selesaian akan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, sehingga akan menghasilkan selesaian yang berbeda dan baru secara fasih dan fleksibel.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mendeskripsikan pembelajaran pendekatan RME yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif materi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara. Tindakan dalam penelitian ini sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendekatan RME dengan langkah-langkah yaitu: (1) memahami masalah kontekstual materi aljabar, (2) menyelesaikan masalah kontekstual materi aljabar, (3) menyajikan dan mendiskusikan hasil selesaian, dan (4) menyimpulkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif ditunjukkan dengan rata-rata skor tes sebesar 10,21, yaitu dari 57,92 pada siklus I menjadi 68,13 pada siklus II, dari kategori cukup baik meningkat menjadi kategori baik, dan hasil wawancara menunjukkan respon positif terhadap proses pembelajaran dan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif.

Saran yang dapat diberikan yaitu pembelajaran pendekatan RME dapat diterapkan pada materi lain untuk mengembangkan berpikir kreatif siswa dan penyajian masalah kontekstual digunakan sebagai jembatan menuju konsep formal matematika sehingga matematika menjadi bermakna bagi siswa.