DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, INTENSITAS PENYERAPAN INFORMASI IKLAN DI MEDIA MASSA, FINANCIAL LITERACY TERHADAP RASIONALITAS DALAM BERKONSUMSI SISWA SMA NEGERI SE KOTA MALANG

Arie nurdian putri Anundhita

Abstrak


ABSTRAK

 

Anundhita,Arie Nurdian Putri.2015.Pengaruh Status sosial ekonomi keluarga,Intensitas penyerapan informasi iklan di media massa, financial literacy terhadap Rasionalitas Konsumsi siswa di SMA Negeri sekota Malang. Tesis.Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E.,M.P.,Ak (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd

 

Kata kunci :Status sosial ekonomi keluarga,Intensitas penyerapan Informasi iklan di media massa, Financial literacy,Rasionalitas dalam berkonsumsi siswa

Rasionalitas konsumsi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu status sosial ekonomi keluarga, intensitas penyerapan informasi iklan dimedia massa, financial literacy.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan status sosial ekonomi keluarga,intensitas penyerapan informasi iklan di media massa,financial literacy terhadap rasionalitas konsumsi siswa  di SMA negeri sekota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negerisekota Malang yang berjumlah 132 siswa di SMA negeri sekota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.

Adapun hasil analisis dan pengujian hipotesis  penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hubungan langsungnegatif yang signifikan antara  status sosial ekonomi keluarga terhadap rasionalitas konsumsi siswa; (2) hubungan langsung  negatif yang signifikan antara intensitas penyerapan informasi  iklan di media massa terhadap rasionalitas konsumsi siswa(3) hubungan langsung positif  yang signifikan antara financial literacy terhadap rasionalitas konsumsi siswa dan (4) hubungan langsung antara status sosial ekonomi keluarga,intensitas penyerapan informasi iklan di media massa, financial literacy terhadap rasionalitas konsumsi siswa.

Berdasarkan hasil penelitian di sarankan: (1) Bagi siswa SMA negeri se kota Malang di harapkan peningkatan rasionalitas konsumsi siswa bisa dilakukan dengan cara peningkatan pendidikan keluarga secara sederhana dengan cara mulai membuat tabel skala prioritas untuk menulis pendapatan dan pengeluaran uang saku. (2) Bagi sekolah diharapkan sarana dan prasarana diadakan laboratorium ekonomi dan menambah literatur tentang pengetahuan dasar ekonomi, pengelolaan keuangan yang bisa dikembangkan dan dikaji lebih dalam. (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan tambahan referensi untuk peneliti selanjutnya khusus yang berkaitan dengan rasionalitas dalam berkonsumsi siswa untuk bisa menemukan faktor lain.Penelitian ini hendaknya juga  dilakukan penelitian lebih lanjut tentang rasionalitas dalam berkonsumsi lebih luas baik dari segi subjek penelitian.