DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Developing ESP Teacher’s Handbook to Teach Speaking for the Nursing Department at Muhammadiyah University of Malang

Izzah Fijriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fijriyah, Izzah. 2015. Pengembangan Buku  Pegangan Guru untuk Mengajar Speaking II di Jurusan Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Malang. Thesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D (2) Dr. Sri Rachmajanti, Dip. TESL, M.Pd.

 

Keywords: English for Specific Purposes, teacher’s handbook, games

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku pegangan guru untuk mengajar Speaking II untuk jurusan Keperawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan silabus ESP di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Alasan dikembangkannya produk ini adalah karena fakta yang menunjukkan bahwa siswa di jurusan Keperawatan UMM memiliki motivasi yang rendah untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar karena materi pembelajaran Bahasa Inggris khususnya Speaking tidak bisa menarik motivasi siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif.

Penelitian R&D ini dimulai dari mengidentifikasi masalah, mengembangkan produk, meninjau produk, validasi ahli, uji coba, revisi dan hasil akhir. Setelah melalui beberapa revisi berdasarkan saran dari para ahli, guru dan siswa, produk penelitian ini dapat dikatagorikan siap untuk digunakan. Hal ini didukung oleh hasil validasi ahli dan uji coba yang menunjukkan bahwa produk  penelitian ini bagus dalam hal isi, bahasa, panjangnya deskripsi dan kesesuaian dengan Syllabus.

Proses pengembangan menghasilkan draf  buku pegangan guru untuk mengajar Speaking II untuk jurusan Keperawatan. Produk ini memiliki beberapa kekuatan. Pertama, ini adalah buku pegangan guru ini dikembangkan berdasarkan keinginan dan kebutuhan dari peserta didik. Kedua, dikembangkan berdasarkan silabus ESP di UMM. Produk ini fokus pada permainan bahasa yang komunikatif yang mendorong siswa belajar secara kooperatif. Selain itu, kumpulan permainan bahasa dalam produk ini adalah adaptasi dari permainan tradisional dari Indonesia dan permainan terkenal lainnya yang bertujuan untuk memudahkan para guru untuk mengimplementasikan permainan tersebut dalam kegiatan belajar mengajar.

Peneliti menyarankan kepada para pengembang materi ajar dan para peneliti selanjutnya untuk mengembangkan buku pegangan guru Bahasa Inggris  yang berisi permainan untuk mengajarkan keterampilan bahasa lainnya.