DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA

Sri Ira Suharwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadapn minat dan hasil belajar geografi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-eksperiment) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini siswa XI-IPS SMA N 4 Pamekasan, dimana XI-IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI- IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket,. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Independent Samples T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model  resource based learning terhadap minat belajar dengan nilai sig (2-tailed) 0,008 < 0,05, (2) ada pengaruh yang signifikan model resource based learning terhadap  hasil belajar geografi siswa dengan nilai sig (2-tailed) 0,032 < 0,05. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa model Resource Based Learning berpengaruh signifikan terhadap minat dan hasil belajar geografi siswa.

Kata Kunci: Model Resource Based Learning, minat belajar, hasil belajar geografi

Abstract: This research aims to understand the effect of learning model Resource Based Learning ( RBL ) of interest and study results geography of student high school. The kind of the research  is quasi experiment  with the approach descriptive quantitative use pretest-posttest control group design.The subject of this study is a student XI-IPS of  SMA N 4 Pamekasan. XI-IPS 2 as a class experiment and XI- IPS 1 as a class control. An instrument in this study consisting of  pretest and posttest and questionnaire of the interest . Technique data collection is the test and  survey. Analysis techniques data to test hypothesis is independent samples t-test. The result of this research show: (1) The significant effect of  model resource based learning to interest . Results t-test showing that the sig 0,008 < 0,05, (2) The significant effect of  model resource based learning to study results geography. This is proved of the value of sig test results t is 0,032 < 0,05. Based on the research done can be concluded that model resource based learning significant to interest and study results geography high school students

Keyword:  Resource Based Learning (RBL), Interest, study results geography