DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Penemuan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Socah 2 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan.

ACH ZAHRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Zahri, Ach. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Penemuan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Socah 2 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Dr. Sihkabuden, M.Pd., (III) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci: hasil belajar, strategi pembelajaran penemuan, strategi pembelajaran langsung, motivasi belajar

Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar dan diklasifikasikan kedalam tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu penggunaan strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran penemuan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran langsung, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah, dan mengetahui interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dengan mengetahui perbedaan hasil belajar ini nantinya dapat dilihat manakah strategi pembelajaran yang membantu siswa memberikan hasil belajar yang lebih baik dan motivasi yang bagaimana yang membantu siswa meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan rancangan Factorial Design 2 x 2. Instrumen yang digunakan peneliti adalah kuisioner, lembar observasi, dan rubrik observasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Socah 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kelompok tidak diacak atau cluster random. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran penemuan, (2) Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dan (3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara perlakuan (penggunaan strategi pembelajaran) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Tidak adanya interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa dan strategi pembelajaran secara bersama-sama tidaklah memberikan perbedaan hasil yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Hasil belajar dari kedua kelompok siswa menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik/lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hal ini dikarenakan banyaknya faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran dan dalam penelitian ini peneliti hanya mengontrol motivasi belajar siswa.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru harus mampu memilih dan menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan kondisi siswa. Selain itu, guru perlu membantu siswa yang memiliki motivasi rendah untuk meningkatkan motivasi belajarnya karena hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan motivasi belajar tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik.