DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kreativitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

SUSILAWATY

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilawaty, 2015.Kreativitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd, (2) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (3) Dr. Fatah Yasin, M.Pd.

 

Kata Kunci: kreativitas, penggunaan bahasa Indonesia, karangan

Karangan merupakan hasil berpikir kreatif dengan menggunakan bahasa untuk menyampaikan gagasan secara rinci dalam wujud tulisan. Berdasarkan pernyataan tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kreativitas penggunaan bahasa Indonesia dalam karangan siswa sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, fokus penelitian ini diarahkan pada kajian kreativitas penggunaan kata, kreativitas penyusunan kalimat, dan kreativitas pengembangan paragraf.Dengan mengkaji ketiga aspek tersebut, dapat digambarkan kreativitas siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia pada karangannya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif denganmenggunakan pendekatan analisis teks. Jenis dan pendekatan penelitian ini tecermin pada jenis data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Peneliti sebagai instrumen kunci bertindak mengumpulkan data yang berwujud satuan bahasa, yakni kata, kalimat, dan paragraf. Data tersebut bersumber dari karangan siswa kelas V SDN Telaga Biru 1 Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap, yakni (1) pengumpulan teks karangan yang diperoleh melalui tugas mengarang, dan (2) pembacaan karangan secara cermat dengan berpedoman pada panduan pengumpulan data. Data penelitian dianalisis secara kualitatif, yakni melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas penggunaan kata bahasa Indonesia pada karangan siswa direpresentasikan dalam wujud keberagaman penggunaan bentuk kata, jenis kata, transposisi kata dalam kalimat, relasi makna kata, dan kata yang berkolokasi. Kreativitas penyusunan kalimat bahasa Indonesia pada karangan siswa tampak pada struktur permukaan dan pola kalimat yang memiliki kompleksitas proposisi yang beragam, yakni (1) kalimat sederhana yang berpola dasar, (2) kalimat sederhana yang telah mengalami transformasi perluasan unsur fungsi, dan (3) kalimat kompleks yang terbentuk akibat transformasi pemajemukan. Sementara, kreativitas pengembangan paragraf dalam karangan siswa tecermin (1) pola penyajian gagasan pokok dalam paragraf, (2) teknik pemaparan gagasan dalam paragraf, dan (3) ragam penanda transisi yang membangun kepaduan paragraf.

Berdasarkan temuan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1)kreativitas siswa dalam penggunaan kata bahasa Indonesia dalam menulis karangan dapat dicermati dari kemampuan siswa dalam melakukan transposisi kata, menggunakan kata yang memiliki relasi makna, dan memiliki kata yang berkolakasi dalam membangun kalimat mengakibatkan munculnya bentuk dan jenis kata yang beragam., (2) kreativitas siswa dalam penyusunan kalimat bahasa Indonesia pada karangannya dapat diamati dari penggunaan beragam struktur dan pola kalimat yang sesuai dengan kompleksitas gagasan yang disampaikan., dan (3) kreativitas siswa dalam pengembangan paragraf dapat dicermati berdasarkan keberagaman pola dan teknik pengembangan paragraf serta penggunaan penanda transisi dalam penuangan gagasan dan pikirannya ke dalam wujud paragraf.