DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Representasi Siswa dalam Interactive Demonstration melalui Authentic Problem pada Materi Elastisitas

Pipit Yogantari

Abstrak


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan miskonsepsi yang dialami siswa, mendeskripsikan kemampuan representasi siswa dan perkembangan kemampuan representasi siswa pada materi Elastisitas. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan embedded experimental design. Instrumen terdiri atas silabus, RPP, lembar kerja siswa, tes kemampuan representasi, kuis, lembar observasi, dan kuesioner. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t berpasangan dan N-gain. Data dianalisis pula secara kualitatif dengan reduksi data, pengkodean, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa mengalami miskonsepsi pada subtopik Tegangan, Regangan, dan Modulus Young; Hukum Hooke; dan Rangkaian Seri dan Paralel Pegas, (2) Kemampuan representasi siswa dalam menganalisis authentic problem yang paling menonjol adalah representasi matematis, (3) Kemampuan representasi siswa setelah mengikuti pembelajaran lebih baik daripada sebelum mengikuti pembelajaran.

Kata kunci : interactive demonstration, authentic problem, representasi, miskonsepsi