DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar.

JUMINO .

Abstrak


ABSTRAK

 

Jumino, 2015, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar. Program Studi Tehnologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I). Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng,M.Pd, (II). Prof. Dr.H. PunajiSetyosari,M.Pd,M.Ed, (III). Dr. DediKuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci:StrategiPembelajaran, Self Regulated Learning, HasilBelajar.

Pergeseran paradigm dalampembelajarandaripembelajaranberorientasipada guru (teacher centred) berubahmenjadipembelajaranberorientasipadasiswa (student centred) harusditerapkanoleh para guru. Tantangan di era global menuntutadanyakemampuanuntukmandiridan bias memecahkanberbagaipermasalahan. Pembelajaranberbasismasalahmerupakansalahsatupembelajaran yang dapatmelatihsiswauntukmemecahkanberbagaimasalahnyata yang dihadapkankepadanya, karenadalampembelajaranberbasismasalahnkepadasiswadiberikanpermasalahannyatauntukdipecahkanbaiksecaraindividumaupunsecarakelompok.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk: (1). MenganalisisperbedaanhasilbelajarIPA antarasiswa yang diberiperlakuanstrategipembelajaranberbasismasalahdengansiswa yang diberiperlakuanstrategiberbasiskonsep,(2). MenganalisisperbedaanhasilbelajarIPA antarasiswa yang mempunyaiSelf Regulated Learningtinggidansiswa yang mempunyaiSelf Regulated Learningrendah, (3).MenganalisisinteraksiantarapenerapanstrategipembelajaranberbasismasalahdanstrategipembelajaranberbasiskonsepsertaSelf Regulated Learning terhadapHasilBelajar IPA.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandengandesainnon equivalen control group, yang dilaksanakan di 8 (delapan) kelaspada SMP Negeri 1 Bangkalan. Jumlahsubyekpenelitiannyaadalah 300 siswa yang dikelompokkanmenjadi 2(dua) kelompokyakni 150 siswamendapatkanperlakuanpembelajaranberbasismasalahsebagaikelompokeksperimen, dan 150 siswa yang lain mendapatperlakuanpembelajaranberbasiskonsepsebagaikelompok control.Untukmengetahuikesetaraankemampuansiswadilakukan pretest yang hasilnyadiujidenganmenggunakan t test, sedangkanuntukUjipersyaratananalisisdilakukanpengujiannormalitasdenganmenggunakantehnikKolmogorof-Smirnov, danUjihomoginitasdenganmenggunakantehnikujilavene.UntukmengujipengaruhstrategipembelajarandanSelf Regulated Learning terhadaphasilbelajardigunakanAanalisaVarians 2 (dua) jalur.

Hasilanalisisadalah (1).Hasilanalisisantarperlakuanstrategidiketahuisebesar 189,176, dengantarafsignifikan(sign)=0,000 berarti Ho ditolak, hasilanalisisantaraSelf Regulated Learning diketahuisebesar 19,820 dengantarafsignifikansi (sign)=0,000 berarti Ho ditolak,sedangkanhasilanalisisantarperlakuanstrategidanSelf Regulated Learning diketahuisebesar = 4,918 dengantarafsignifikansi (sign)= 0,027 yang berarti Ho ditolak.

Kesimpulannyaadalah : (1). Ada perbedaanhasilbelajarantarasiswa yang diberiperlakuanstrategipembelajaranberbasismasalahdansiswa yang diberiperlakuanstrategipembelajaranberbasiskonsep,(2). Ada perbedaanhasilbelajarantarasiswa yang mempunyaiSelf RegulatedTinggidansiswa yang mempunyaiSelf RegulatedRendah, (3).Ada interaksiantarastrategipembelajarandanSelf Regulated Learning terhadaphasilbelajar.