DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Menggunakan Model Dick And Carey Di Kelas X Ma Ibnu Malik Bangkalan.

NURHASANUDDIN .

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhasanuddin, 2015.  Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Menggunakan Model Dick And Carey Di Kelas X Ma Ibnu Malik Bangkalan. Disertasi.  Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.  Pembimbing : (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (2) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed, dan (3) Dr. Sulton, M.Pd.

 

Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Menggunakan Model Dick And Carey

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, yang mengembangkan bahan ajar PPKn. Pengembangan bahan ajar ini mengacu pada model Dick And Carey. Keunggulan dari pembelajaran model Dick And Carey yaitu setiap langkah jelas, sehingga dapat diikuti, teratur, efektif dan efisien dalam pelaksanaan merupakan model atau perencanaan pembelajaran yang terperinci, sehingga mudah diikuti. Teknologi pembelajaran secara mendasar merupakan pemecahan masalah.  Dengan merancang dan mengembangkan sumber belajar yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan pebelajar, maka hal itu merupakan jawaban dari permasalahan belajar yang ada.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan ini ialah sebagai berikut: (1) Menghasilkan bahan ajar dalam perangkat pembelajaran PPKn yang layak berdasarkan penilaian dari penelaah, yaitu ahli bahan ajar dan guru PPKn serta berdasarkan respons siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dan mengacu pada kurikulum 2013 dalam pembelajaran PPKn kelas X, (2) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan CTL dengan model Dick and Carey, (3) Mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan CTL dalam pembelajaran PPKn, dan (4)  Mendeskripsikan keterbacaan buku siswa dari bahan ajar dengan pendekatan CTL yang dikembangkan dalam pembelajaran PPKn. dan (5) Mendeskripsikan respons siswa selama pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Pengembangan bahan ajar PPKn dengan mendekatkan belajar pada siswa kelas X  di MA Ibnu Malik Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan dapat dilaksanakan dengan baik, (2) dengan sistem penggunaan pendekatan CTL model Dick and Carey, siswa dapat menerapkan pelajaran PPKn dengan kehidupan di masyarakat, dan (3) Dengan adanya pengembangan bahan ajar PPKn guru mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan.

Saran yang diajukan dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) Perlu dibuat penyesuaian materi dengan pendekatan belajar yang lebih banyak untuk didiskusikan di kelas, agar siswa mempunyai kemampuan memahami materi dengan baik, sehingga tingkat ketercapaian siswa dapat meningkat, (2) dan perlu diadakan uji coba lebih lanjut materi bahan kajian yang lain.