DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sistem Monitoring dan Evaluasi Berbantuan Information Technology (IT) Pada Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Bidang Pemesinan

WIDIYANTI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiyanti, 2015. Sistem Monitoring dan Evaluasi Berbantuan  Information Technology (IT) Pada Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Bidang Pemesinan. Disertasi, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono, M.Pd., (II) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd.,(III) Dr. H. Ahmad Dardiri, M.Pd.

 

Kata kunci: sistem monitoring dan evaluasi, IT (Information Technology), praktik kerja industri SMK.

Karakteristik penyelenggaraan pendidikan kejuruan diantaranya adalah pemberlakuan sistem ganda (dual system) dimana perencanaan dan pelaksanaan pendidikan diwujudkan melalui kemitraan antara dunia kerja dengan sekolah. Pembelajaran di dunia kerja merupakan bagian integral program pendidikan kejuruan secara menyeluruh dan oleh karenanya materi yang dipelajari dan kompetensi yang dilatihkan harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi tamatan yang telah ditetapkan. Sebagai bagian dari pembelajaran praktik, maka pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) yang baik dibutuhkan dalam upaya perbaikan kualitas pembelajaran yang memenuhi fungsi perbaikan kompetensi dan kinerja siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi sistem monev (Si-Monev), penyelenggaraan prakerin berbantuan IT yang valid, praktis, dan efektif untuk menilai kompetensi siswa SMK khususnya bidang pemesinan sekaligus memvalidasi tingkat keterlaksanaan dan efektivitas penerapannya pada penyelenggaraan prakerin.

Dalam penelitian ini, metode pengembangan perangkat lunak menggunakan sekuensi model waterfall sesuai dengan kondisi berdasarkan analisis kebutuhan, sedangkan model penelitian pengembangan merujuk pada model pengembangan Plomp, The General Model of Education Problem Solving, dengan pertimbangan bahwa model relatif mudah, sederhana dan praktis sebagai salah satu model pengembangan pendidikan secara umum.

Produk divalidasi melalui tahap pra-pengembangan (research) melalui fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes – evaluasi – revisi, dan fase implementasi. Pada tahap pengembangan diujicobakan pada perorangan dan validasi ahli, kelompok kecil dan uji coba diperluas.  Pelaksanaan uji coba diperluas dilakukan pada enam institusi pasangan melalui dua tahapan.

Hasil validasi aplikasi Si-Monev, keefektifan, dan kepraktisan dari pertimbangan ahli/praktisi menunjukkan bahwa Si-Monev memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga tepat digunakan untuk aplikasi pelaksanaan monev prakerin. Uji coba aplikasi Si-Monev secara perorangan, kelompok kecil, dan uji coba diperluas. Pada presensi SMS Gateway dan on-line teleconference menunjukkan hasil yang konsisten, demikian pula pada pengamatan kegiatan pembelajaran praktik yang dilakukan siswa maupun instruktur yang memperlihatkan peningkatan yang semakin baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa Si-Monev berbantuan IT memenuhi kriteria sesuai yang dibutuhkan pada pembelajaran berbasis kerja.

Saran bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur agar turut mendukung sosialisasi dan pelatihan tentang Si-Monev berbantuan IT ini, dengan memberi ruang dan waktu bagi peneliti pada acara-acara kedinasan yang berkaitan dengan SMK. Bagi penyelenggara prakerin, hasil monev yang dapat disimpan dalam bentuk arsip soft-file memudahkan pihak sekolah untuk melakukan uji petik keterlaksanaan program prakerin sekolah sekaligus dapat digunakan sebagai bahan pembanding untuk menilai keberhasilan program prakerin per periode. 

Saran diseminasi, dukungan dari pihak sekolah diperlukan peneliti/ pengembang dalam rangka sosialisasi  pelatihan   Si-Monev   sebagai perangkat monev yang mudah dan memiliki mobilitas yang tinggi dengan tujuan agar dapat diketahui perolehan atau penetapan hasil akhir peserta prakerin yang objektif dan akuntabel.

Si-Monev berbantuan IT yang dihasilkan ini masih terbatas pada bidang pemesinan, maka untuk mengetahui keefektifan Si-Monev berbantuan IT ini disarankan untuk mengimplementasikannya pada bidang (kompetensi keahlian) yang lain.