DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKANMODEL DIRECTED WRITING ACTIVITY DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK SISWA KELAS IV SDN CURAHLELE 02 BALUNG JEMBER

WIT ANA MARGONO

Abstrak


ABSTRAK: Tujuan penelitian adalah menggunakan model DWA dengan media visual untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Curahlele 02 Balung Jember. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan siklus model Kemmis dan Taggant. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Kegiatan penelitian yang dilakukan adalah perencanaan (planning), tindakan (acting) sekaligus observasi (observing),dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Curahlele 02 yang berjumlah 28 siswa dan seorang guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa dan guru, dokumentasi foto kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil karangan siswa. Penilaian hasil karangan mengacu pada kemampuan : menentukan ide gagasan, pemilihan kata, dan ejaan tulisan karangan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan langkah-langkah DWA dengan media visual berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan proses menulis karangan deskripsi, hal ini terbukti dengan ada peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir. Kesimpulan Guru dalam penggunaan model DWA dengan media visual menjadi fasilitator dan pembimbing bagi siswa untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi. Saran penelitian ini bisa dijadikan acuan bagi guru untuk meningkatkan proses dan hasil belajar menulis karangan deskripsi, bagi pimpinan lembaga untuk memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran, serta penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti berikutnya.

 

ABSTRACT: The research objective is to use the model DWA with visual media to enhance the ability to write a description of the grade IV students of SDN Curahlele 02 Balung Jember. This classroom action research using a qualitative approach to model cycle Kemmis and taggant. The study was conducted during two cycles. Research activities carried out are planning (planning), action (acting) at the same observation (observing) and reflection (reflecting). Subjects were grade IV students of SDN Curahlele 02 totaling 28 students and a classroom teacher. Data collection methods used were observation activities of students and teacher, photo documentation of learning activities, and assessment of the results of the student essay. Assessment results essay refers to the ability to: define the notion of ideas, word choice, spelling and writing essays. The results showed the application of measures DWA with visual media managed to improve the ability of students in the process of writing essays descriptions, it is proved by no increase in the percentage of completeness activity and learning outcomes of the first cycle to the last cycle. Conclusion Teachers use DWA models with visual media become facilitators and mentors for students to improve the processes and outcomes of learning to write essays description. Suggestions of this study can be used as a reference for teachers to improve the processes and outcomes of learning to write essays descriptions, for leaders of institutions to provide infrastructure facilities that support learning activities, and this study can be used as a reference for subsequent research.

Keywords: models direct writing activity, Visual Media, Writing Descriptions.