DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN TEKNIK BEFOKUS SOLUSI DAN MODEL TIGA KOMPONEN BERORIENTASI MASA DEPAN UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN BELAJAR INDIVIDUAL SISWA SMP

EDY LEGOWO

Abstrak


ABSTRAK

 

Legowo, Edy. 2015. Keefektifan Teknik Berfokus Solusi dan Model Tiga Komponen Berorientasi Masa Depan untuk Meningkatkan Perencanaan Belajar Individual Siswa. Disertasi, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Marthen Pali, M.Psi. (II) Dr. Adi Atmoko, M.Psi. (III) Dr. Triyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: perencanaan belajar individual, teknik berfokus solusi, model tiga komponen berorientasi masa depan

Perencanaan belajar individual (PBI) merupakan kemampuan yang penting dimiliki setiap siswa SMP utamanya kelas VII agar mereka dapat mempersiapkan studi lanjut dan karir mereka di masa depan lebih awal. Fenomena di lapangan pemberian layanan PBI dalam program bimbingan dan konseling (BK) pada siswa SMP belum dilaksanakan. Indikator ini tampak pula pada pernyataan para siswa SMP yang menyatakan bahwa pengembangan keterampilan merencanakan masa depan adalah hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik berfokus solusi dengan model tiga komponen berorientasi masa depan untuk meningkatkan kemampuan PBI siswa. PBI meliputi kemampuan: (1) mengenali latar belakang tindakan-tindakan atau perilaku belajar pada salah satu mata pelajaran nilai rendah; (2) menetapan posisi mata pelajaran dengan nilai rendah pada angka dalam rentang skala 1-5; (3) membuat perencanaan perubahan kegiatan belajar untuk peningkatkan prestasi belajar; (4) menetapkan target peningkatan angka dalam skala 1-5 antara kegiatan belajar sebelumnya dengan yang direncanakan untuk peningkatan prestasi; (5) membuat perencanaan perubahan kegiatan belajar di kelas/ sekolah yang akan datang agar dapat meningkatkan prestasi belajar di waktu mendatang, dan (6) pembuatan perencanaan perubahan kegiatan belajar di luar sekolah yang akan datang agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya di waktu mendatang.

Penelitian ini menggunakan Interrupted time series design yang dimodifikasi. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa SMP kelas VII diambil random sampling. Subjek mendapat perlakuan teknik terapi berfokus solusi dan model tiga kompoen berorientasi masa depan sebagai variabel bebas, dan sebagai variabel terikatnya adalah kemampuan PBI siswa. Data kemampuan PBI siswa diukur dengan tes berupa lembar kerja (LK) PBI. Ada LK PBI yaitu LK PBI simulasi kasus dan LK PBI praktik riil. Kedua LK tersebut ditugaskan pada pasca teretmen. Instrumen tes yang berupa lembar kerja ILP memiliki validitas isi dengan validasi ahli. Analisis data digunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan LPI siswa baik pada latihan simulasi kasus maupun praktik riil. Teknik statistik Wilcoxon Signed Ranks Test digunakan untuk menguji ada tidaknya peningkatan kemampuan PBI siswa pada latihan kasus ke praktik riil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan siswa menyusun PBI pada saat latihan simulasi kasus diperoleh rerata skor 16,74, standar deviasi 3,48, dengan skor maximum yang diharapkan adalah 34. Hasil ini menunjukan pada kategori kurang baik. (2) kemampuan siswa menyusun PBI pada saat praktik riil diperoleh rerata skor 22,96, standar deviasi 4,07, dan skor maksimum yang diharapkan 34. Hasil ini menunjukan pada kategori baik. (3) Ada peningkatan siginikan kemampuan siswa dalam menyusun PBI pada saat latihan kasus ke praktik riil pasca teratmen yaitu dengan nilai t-hit -2.692 (p = 0.012 < 0.05).

Hasil penelitian ini memberikan sumbangan teoritik yaitu: (1) Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan kelompok subjek yang diperluas dengan mengunakan desain-desain eksperimen yang lebih menjamin validitas internal dan eksternal suatu penelitian; (2) menambah khasanah ilmiah bidang kemampuan PBI dan variabel yang mempengaruhinya yaitu teknik berfokus solusi dan model tiga omponen berorientasi masa depan. Sumbanga praktis dari hasil penelitian ini dalah (1) memberikan keterampilan subjek/ responden dalam kemampuan menyususn PBI; (2) Panduan penerapan teknik berfokus solusi dan model tiga komponen berorientasi masa depan dapat digunakan onselor sekolah SMP untuk meningkatkan kemampuan PBI siswa; (3) Panduan ini dapat dikembangankan untuk pengembangan pribadi-sosial, karir maupun akademik yang lainnya.