DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RPP, MENGELOLA KELAS, DAN MENGEVALUASI DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI MOTIVASI KERJA DI SMP NEGERI SE-KOTA MALANG

Mieke O Mandagi

Abstrak


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan di antara kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Mengelola Kelas dan Mengevaluasi dengan Kualitas Pembelajaran, serta sejauhmana hubungan tersebut terjadi melalui motivasi kerja guru.

Penelitian ini bersifat multivariate, menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) & aplikasi Lisrel berkaitan dengan adanya jenis variabel laten, manifest, endogen dan exogen berbasis jumlah sampel besar, 300 responden. SEM digunakan untuk menganalisis hubungan variabel exogen kemampuan guru menyusun RPP, mengelola kelas dan evaluasi dengan variabel endogen kualitas pembelajaran melalui variabel laten endogen motivasi kerja guru. Tujuan analisisnya untuk mengetahui: (1) hubungan variabel-variabel exogen tersebut dengan variabel endogen; (2) hubungan variabel-variabel exogen dengan variabel laten ondegen; dan (3) hubungan variabel interveren dengan variabel endogen; dan (4) hubungan variabel-variabel exogen dengan variabel endogen melalui variabel laten endogen. Penggunaan SEM dengan aplikasi Lisrel untuk menganalisis sampel sampel subyek penelitian Guru SMP Negeri se-Kota Malang sejumlah 297 responden, melalui tahapan uji instrument dan tahapan penetapan instrument defenitif sebagai dasar pengumpulan data dan pelaksanaan analisisnya.           

Temuan penelitian terurai dalam tiga kategori, yakni: (1) uraian hasil aplikasi SEM dengan LISREL, analisis dan pembahasan hubungan variabel exogen dengan variabel endogen; (2) uraian hasil aplikasi SEM dengan LISREL, analisis dan pembahasan hubungan variabel exogen dengan variabel laten endogen; (3) uraian hasil aplikasi SEM dengan LISREL, analisis dan pembahasan hubungan variabel exogen dengan variabel endogen melalui variabel laten endogen. Berdasarkan temuan hasil dan pembahasannya tersebut, ditarik kesimpulan dan rekomendasi dari hasil penelitian ini.   

Kata kunci: kemampuan menyusun RPP, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengevaluasi, motivasi kerja, kualitas pembelajaran. 

 

ABSTRACT This research aims to know the corelation between the ability of a teacher in making lesson plans , Learning to manage classes and evaluate the quality of learning, as well as the extent to which the relationship takes place through the work motivation of teachers

This studyis multivariate, using Structural Equation Modeling analysis techniques (SEM) &Lisrel applications related to the type of variable latent, manifest,endogenous and exogen-based large amount of sample, 297 respondents. SEM was used to analyze the relationship variables exogen teachers‘ ability to make lesson plans, organize, manage and evaluate a class of endogenous variable quality of learning through endogenous latent variable motivation of teachers. The purpose of the analysis to determine: (1) the relationship exogen variables with endogenous variables; (2) the relationship exogen variables with latent variables endogen; and (3) the relationship interference variables with endogenous variables; and (4) the relationship exogen variables with endogenous variables through endogenous latent variables. Use SEM with application to analyze samples Lisrel sample research subjects of state junior high schools in Malang city of a total of 297 respondents, through the stages of test instruments and stage setting as apolicy of definitive instrument for data collection and performance analysis

Research findings decomposed into three categories, namely: (1) Description of the application of SEM with LISREL, analysis and discussion of the relationship exogen variables with endogenous variables; (2) Description of the application of SEM with LISREL, analysis and discussion of the relationship exogen variables with endogenous latent variables; (3) Description of the application of SEM with LISREL, analysis and discussion of the relationship exogen variables with endogenous variables through endogenous latent variables. Based on the findings and deliberated the results, conclusions and recommendations drawn from these findings.

Keywords: Ability To Sort The Lesson Plans, The Ability To Manage The Class, The Ability To Evaluate,Work Motivation, The Quality Of Learning.