DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Entrepreneurial Self-Efficacy dan Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Pengetahuan Kewirausahaan (Studi Pada Siswa SMK Grafika Se Malang Raya)

Rio Wahyu Hermawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Hermawan, Rio Wahyu. 2016. Pengaruh Entrepreneurial Self-Efficacy dan Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Pengetahuan Kewirausahaan  (Studi Pada Siswa SMK Grafika Se Malang Raya). Tesis, Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si., (II) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci :entrepreneurial self-efficacy, locus of control Internal, pengetahuan kewirausahaan, minat berwirausaha, SMK Grafika

 

Untuk menjadi seorang wirausaha peran sekolah dan siswa sangat diperlukan. Entrepreneurial self-efficacy, locus of control, dan pengetahuan kewirausahaan sangat berperan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha seorang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap pengetahuan kewirausahaan, (2) pengaruh locus of control Internal terhadap pengetahuan kewirausahaan, (3) pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (4) pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap minat berwirausaha, dan (5) pengaruh locus of control Internal terhadap minat berwirausaha.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan eksplanasi.Penentuansampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Alatpengumpulan data menggunakan angket yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan  dengan metode analisis deskriptif dan analisis inferensial serta menggunakan analisis jalur.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1)terdapat pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap pengetahuan kewirausahaan, (2) terdapat pengaruh locus of control Internal terhadap pengetahuan kewirausahaan,(3) terdapat pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (4) terdapat  pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap minat berwirausaha, dan (5) terdapat pengaruh locus of controlinternal terhadap minat berwirausaha.

Saran penelitian yaitu SMK Grafika Se Malang Rayaperluditingkatkan lagientrepreneurial self-efficacy, locus of controlinternal, dan pengetahuan kewirausahaansiswa untukmeningkatkan minat siswa dalam berwirausaha di bidang grafika. SiswaSMK Grafika Se Malang Rayahendaknya mampu meningkatkan entrepreneurial self-efficacy, locus of controlInternal, dan pengetahuan kewirausahaan mereka untuk meningkatkan minat dalam berwirausaha di bidang grafika. Peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis hendaknyadapatmelibatkanvariabel lain yang juga mempengaruhiminat berwirausaha.