DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Adlerian Dengan Teknik Encouragement Reflection Untuk Meningkatkan Self-esteem Siswa SMP.

Ariantje Julin Ahnitje Sundah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sundah Ariantje J. A. 2015. Keefektifan Konseling Adlerian Dengan Teknik Encouragement Reflection Untuk Meningkatkan Self-esteem Siswa SMP. Disertasi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Dr. Triyono, M.Pd., (III) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata kunci: konseling Adlerian  encouragement reflection,  self-esteem,  life style, makna

Beberapa hasil penelitian internasional mengungkapkam bahwa low self-esteem menimbulkan masalah serius yang berdampak sangat merugikan pada individu; dan peningkatan self-esteem bisa dilakukan melalui proses konseling. Demikian juga hasil servei pada SMP Minahasa Utara menunjukkan self-esteem yang rendah pada remaja (siswa SMP) memungkinkan mengalami hambatan belajar untuk sukses mencapai tujuan. Hal ini berkaitan dengan makna hidup individu, baik untuk diri sendiri maupun terkait orang lain. Peningkatan self-esteem pada siswa lebih berhubungan dengan prestasi akademik bahkan makna hidup; dan juga ditemukan keterkaitan antara meaning life, self-esteem dan motivasi. Self-esteem dengan depresi, kecemasan, perilaku negatif dan keputusasaan umum pada kehidupan seseorang. Untuk menjawab hal  demikian, perlu dilaksanakan konseling Adlerian dengan teknik encouragement reflection. 

Tujuan Penelitian adalah mengetahui keefektifan Konseling Adlerian dengan teknik Encouragement Reflection (KAER) untuk meningkatkan  Self-esteem Siswa SMP yang lemah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest & posttest control group. Subjek yang memperoleh intervensi adalah siswa kelas VII SMP Negeri Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara Propinsi Sulawesi Utara, tahun 2015, yang memiliki tingkat self-esteem rendah berdasarkan instrumen pengukuran self-esteem. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda dengan t test. Sedangkan data verbal menggunakan metode analisis percakapan melalui rekaman konseling.

Hasil tingkat self-esteem dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan konseling Analisis Transaksiona (KAT) sebelum mengikuti KAER dan atau  KAT menunjukkan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat self-esteem sesudah KAER; hal tersebut menunjukkan bahwa konseling Adlerian dengan teknik encouragement reflection (KAER) dan KAT efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa kelas VII SMP Negeri Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara Propinsi Sulawesi Utara, tahun 2015.

Saran dalam kaitannya dengan penelitian sebagai berikut: (1) konselor sekolah perlu memperoleh pelatihan Konseling Adlerian dengan teknik encouragement reflection dan Konseling Analisis Transaksional khususnya untuk meningkatkan self-esteem siswa yang rendah, (2) Kepala SMP, disarankan untuk menyediakan falisitas layanan konseling di sekolah yang memadai, (3) bagi peneliti lanjutan apabila menggunakan panduan konseling Adlerian dengan teknik encouragement reflection disarankan untuk melakukan uji ahli dan uji lapangan melalui penelitian tindakan, (4) Bagi peneliti lanjutan konseling Adlerian dengan teknik encouragment reflection dapat digunakan untuk membantu meningkatkan aspek psikologis yang lain seperti self-eficacy .

ABSTRAC

 

Sundah Ariantje J. A. 2015. The effectiveness of counseling Adlerian With Encouragement Reflection Techniques to Improve Self esteem junior high school students. Dissertation, Department of Guidance and Counseling, the Graduate, State  University of Malang. Advisors: (I) Prof Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Dr. Triyono.M.Pd., (III) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Keywords: counseling Adlerian encouragement reflection self-esteem, life style, meaning

Several international research revealed that low self-esteem pose  serious problem that a very detrimental impact  on that individual; and self-esteem can be done through the counseling prosess. Adolescents (in this case the junior high school students) will experience barriers to learning and will be to goal. This relates to the meaning of an individual life, both for himself and for others. Search the meaning of self-esteem was associated with academic success, also found the relationship between the meaning of life, self-esteem and motivation. self-esteem to depression, anxiety, negative behavior and general hopelessness in a person's life. Therefore, to answer such things, should be carried out counseling Adlerian with encouragement reflection technique (KAER).

Purpose of this study was to determine the effectiveness of the technique Encouragement Reflection Adlerian Counseling (KAER) for Junior High School Students Improve Self-esteem. The design used is a pre-test and post-test control group with transactional analysis couseling (KAT). Subjects were given intervention is the seventh gsrade students of SMP Negeri Airmadidi Kabupaten North Minahasa North Sulawesi province, in 2015, which has a low level of self-esteem, self-esteem is based on the intrument measurement self esteem. Data were analyzed by using Paired t test. While the verbal data analysis method conversations through counseling records.

Results of analysis of the experiments showed that counseling Adlerian with encouragement reflection technique (KAER) and control group  with analysis transactional couseling, can improve the self-esteem of students of class VII SMP Airmadidi Kabupaten North Minahasa North Sulawesi province, 2015.

Advice in relation to the research are as follows : (1) school counselors need to be trained in counseling Adlerian techniques encouragement reflection and Counseling Analysis Transactional particular to improve  of  the  students  low self-esteem, (2) the leader of SMP, it is advisable to provide falisitas counseling services in schools are inadequate, (3) for the researcher continued when using manual counseling Adlerian techniques encouragement reflection advised to perform expert testing and field testing through action research, (4) for the researchers continued counseling Adlerian techniques encouragment reflection can be used to help improve the psychological other  aspects such the self-eficacy.