DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS STRUKTUR PENALARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA SD DIKOTA AMBON

Johanes Pelamonia

Abstrak


Telah dilakukan penelitian untuk melihat proses penalaran pada siswa sekolah dasar di Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggambarkan struktur penalaran siswa sekolah dasar dalam pembelajaran sains. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes terulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penalaran terjadi ketika seseorang mampu menciptakan model mental yang kompatibel dengan realitas. (2) Keterampilan bernalar sudah dimiliki seseorang ketika lahir dan perkembangan penalaran merupakan dipengaruhi perkembangan pengetahuan. (3) Struktur pengetahuan bergantung pada kapasitas memori kerja memahami makna verbal dari suatu konsep dan menghubungkannya dengan konsep lain.