DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Keterampilan Sosial dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Dampaknya pada Kesiapan Kerja Siswa SMK Se Kabupaten Trenggalek

Vertika Panggayuh

Abstrak


ABSTRAK

 

Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai wahana pengembangan pengetahuan dan keterampilan diharapkan mampu menjawab tantangan dunia kerja secara nyata. Lulusan SMK diharapkan dapat memenuhi tuntutan dunia usaha akan tenaga kerja tingkat menengah. Beberapa faktor penting yang menunjang kesiapan kerja lulusan SMK adalah keterampilan sosial, kesadaran metakognitif, dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi antara keterampilan sosial dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi belajar; kontribusi antara keterampilan sosial terhadap prestasi belajar; kontribusi antara kesadaran metakognitif terhadap prestasi belajar; kontribusi antara keterampilan sosial, kesadaran metakognitif, dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja; kontribusi antara keterampilan sosial terhadap kesiapan kerja; kontribusi antara kesadaran metakognitif terhadap kesiapan kerja; kontribusi antara prestasi belajar terhadap kesiapan kerja.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) se-Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik propotional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 104 responden. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan Path Analysis. Sebelum melakukan analisis tersebut, dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keterampilan sosial dan kesadaran metakognitif secara simultan berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar; (2) keterampilan sosial berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar; (3) kesadaran metakognitif berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar; (4) keterampilan sosial, kesadaran metakognitif, dan prestasi belajar secara simultan berkontribusi signifikan terhadap kesiapan kerja; (5) keterampilan sosial berkontribusi signifikan terhadap kesiapan kerja; (6) kesadaran metakognitif berkontribusi signifikan terhadap kesiapan kerja; (7) prestasi belajar berkontribusi signifikan terhadap kesiapan kerja.