DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Irdiana Windradini

Abstrak


ABSTRAK

 

Windradini, Irdiana. 2016. Kajian Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tuwoso, M.P, (II) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T, M.Pd.

 

Kata kunci: kompetensi lulusan, bahan kajian, KKNI

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) digunakan sebagai bentuk pengembangan kurikulum dengan menggunakan level kualifikasi sebagai bahan penyusun kurikulum program studi khususnya pada kompetensi lulusan dan bahan kajian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian kompetensi lulusan dalam kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga dengan KKNI, dan tingkat kesesuaian kompetensi lulusan dengan bahan kajian dalam kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga UM berdasarkan parameter sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan.

Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian evaluatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang tahun 2014. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan terhadap KKNI berada di kelas interval >986 – 1160 yaitu termasuk dalam kategori sangat sesuai; dan (2) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan terhadap bahan kajian untuk parameter sikap dan parameter penguasaan pengetahuan berada di kelas interval >156,8-190,4 yaitu termasuk dalam kategori sesuai, sedangkan parameter keterampilan umum parameter keterampilan khusus berada di kelas >190,4-224 yaitu termasuk dalam kategori sangat sesuai.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada lembaga khususnya Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang untuk menyempurnakan bahan kajian khususnya kompetensi lulusan parameter sikap dan penguasaan pengetahuan, di mana terdapat sembilan kompetensi lulusan parameter sikap dan empat kompetensi lulusan parameter penguasaan pengetahuan yang termasuk dalam kategori sesuai. Bagi tenaga pendidik, disarankan untuk memberi masukan berupa bahan kajian yang mendukung kompetensi lulusan khususnya parameter sikap dan penguasaan pengetahuan yang masih termasuk dalam kategori sesuai. Bagi peneliti lebih lanjut, disarankan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai evaluasi atau implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI terkait kompetensi lulusan dan bahan kajian dengan menggunakan rancangan penelitian dan teknik analisis data yang lebih kompleks.