DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman, Minat Baca, dan Kemampuan Bernalar dengan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Dhimas Asih Kusuma Persadha

Abstrak


ABSTRAK

 

Persadha, Dhimas Asih Kusuma. 2016. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman, Minat Baca, dan Kemampuan Bernalar dengan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd., (II) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd.

 

Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman, minat baca, kemampuan bernalar, kemampuan menulis karya ilmiah

 

Kemampuan menulis karya ilmiah memiliki peranan penting dalam kehidupan akademik seorang mahasiswa, terutama dalam menyelesaikan tugas kuliah, maupun tugas akhir dalam memperoleh gelar sarjana, magister, dan doktor. Kemampuan menulis karya ilmiah diduga dipengaruhi oleh kemampuan membaca pemahaman, minat baca, dan kemampuan bernalar. Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang?, (2) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang?, (3) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang?, (4) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang?, (5) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan minat baca dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang?, (6) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang?, dan (7) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman, minat baca, dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang?

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Dalam hal ini, variabel penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman, minat baca, kemampuan bernalar dan kemampuan menulis karya ilmiah. Data penelitian ini adalah skor kemampuan membaca pemahaman, skor minat baca, skor kemampuan bernalar, dan skor kemampuan menulis karya ilmiah. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan skala. Dalam penelitian ini, hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment pearson dan regresi berganda.

Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, dapat diungkapkan hasil penelitian, yaitu (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis karya ilmiah, (2) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah, (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah, (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah, (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah, dan (7) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman, minat baca, dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada penelitian ini, disarankan kepada pihak pengajar di perguruan tinggi diharapkan lebih memaksimalkan penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan pemahaman, minat baca, kemampuan bernalar, dan kemampuan menulis karya ilmiah. Selain itu, disarankan bagi mahasiswa memotivasi dirinya untuk minat membaca, dan mengasah kemampuan membaca pemahaman, bernalar dan kemampuan menulis terutama kemampuan menulis karya ilmiah. Untuk peneliti lain, disarankan dapat menindaklanjuti penelitian ini dengan penelitian yang lain yang lebih mendalam terkait dengan kemampuan membaca pemahaman, minat baca, kemampuan bernalar, dan kemampuan menulis karya ilmiah.