DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Model Bantuan Carkhuff untuk Meningkatkan Kemandirian Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas

Moch Muadzin

Abstrak


Abstrak

 

Kemandirian pengambilan keputusan karier adalah sebuah kemampuan pengambilan keputusan karier berdasarkan pengenalan situasi, penyusunan alternatif, pengumpulan informasi karier sesuai dengan perencanaan karier. Keputusan yang baik yaitu keputusan yang telah dipilih dari berbagai alternatif yang ada yang telah dianalisa secara matang.Model bantuan Carkhuff dalam kegiatan konseling diajukan untuk meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier, siswa diajak untuk mengeksplorasi berbagai alternatif dan konsekuensi yang mungkin muncul dalam keyakinannya menjalani dan memilih karier tertentu.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model bantuan Carkhuff dalam meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier. Perlakuan modelbantuanCarkhuff meliputi pemberian perhatian untuk melibatkan konseli dalam proses bantuan, pemberian tanggapan untuk merangsang konseli mengadakan eksplorasi, melakukan komunikasi yang merangsang konseli untuk meningkatkan pengertian dari masalah yang dihadapi konseli, dan melakukan komunikasi yang ditujukan untuk merangsang tindakan nyata dalam upaya mengatasi masalah konseli,  serta pemberian bantuan dalam proses pengulangan pemilihan alternatif.

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Malang dengan menggunakan rancangan single subject design dengan modelmultiple baseline across subject.Treatment diberikan sebanyak enam kali untuk setiap subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri atas tiga siswa yang diperoleh melalui penjaringan angket kemandirian pengambilan keputusan karier, wawancara dengan calon subjek, data konselor sekolah, dan rubrik kemandirian pengambilan keputusan karier. Analisis data menggunakan teknik analisis data visual dan data grafis untuk mengamati perubahan level, mean, latency, dan central tendencymasing-masing subjek penelitian.Hasil dari penelitian menunjukan model bantuan Carkhuffefektif untuk meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa. Keefektifan ini ditunjukkandengan meningkatnya skor level antara fase baseline dan intervensi, trend positif kemandirian pengambilan keputusan karier, perubahan yang langsungterjadi ketika konseling dilaksanakan, serta perbedaan rerata fase baseline dan intervensi.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan 1)Model bantuan Carkhuffdapatdijadikan salah satu pendekatan yang digunakan dalam seting sekolah karena berlangsung relatif singkat dan berdayaterapeutik, 2) Perlu penelitian dan pengembangan untuk menguji model bantuan Carkhuffdalam konteks yang lebih beragam.