DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Metode Inquiri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas V

Syaiful Bahri

Abstrak


Abstrak

 

 

Bahri, Syaiful. 2015.Penggunaan Metode Inquiri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Penelitian Tindakan. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Kelas, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. EdyBambangIrawan, M.Pd., (II) Dr. Abd.Qohar, M.T

 

Kata kunci: metode inquiri,  pemahaman konsep geometri, motivasi belajar.

 

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep geometri dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar kelas V SDN Tambaan 1 Camplong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus tindakan.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menggambarkan tentang pelaksanaan pembelajaran pembelajaran pemahaman geometri dan motivasi belajar matematika dengan menggunakan metode Inquiri, (2) menggambarkan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pemahaman geometri dan motivasi belajar matematika dengan menggunakan metode Inquiri, (3) memperbaiki pelaksanaan pembelajaran matematika tentang geometri dan motivasi belajar dengan menggunakan metode Inquiri, dan (4) menanamkan konsep geometri dan motivasi belajar matematika sebagai bekal dalam kehidupan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pembelajaran, diskusi berjalan agak lambat, searah, dan subyek penelitian masih kurang aktif dalam berdiskusi.Dari hasil wawancara terhadap semua siswa dalam kelas penelitian diperoleh informasi bahwa penggunaan metode inquiri merupakan hal yang baru karena belum pernah diterapkan dalam pembelajaran. Motivasi awal siswa sebelum tindakan rata–rata 2, 94%. Namun setelah pelaksanaan tindakan, motivasi siswa meningkat menjadi rata–rata 4, 22% .Pada akhir siklus I setelah dilakukan refleksi ternyata bahwa dari tes akhir siklus I diperoleh skor hasil belajar rata–rata siswa secara klasikal mencapai 74,16%. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa tergolong tinggi, namun skor rata-rata tersebut belum memenuni kreteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti. Karena dari 37 siswa dalam kelas tersebut yang memperoleh skor ≥70 hanya 67% atau 25 siswa dari 37siswa. Selama pembelajaran yang berlangsung pada siklus I ini aktivitas diskusi kelompok siswa masih tergolong rendah yakni baru mencapai kategori cukup.Pada awal siklus II kegiatan diskusi berjalan dengan baik hal ini ditandai dengan tingginya perolehan skor aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diperoleh dari dua observer yaitu rata–rata 92% dengan kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas diskusi kelompok siswa juga dibarengi dengan peningkatan hasil belajarnya, hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus II diperoleh skor rata-rata 88,6 dan dari 37 siswa 96,4% memperoleh skor ≥ 70

 

ABSTRACT

 

Bahri, Saiful. 2015.  Use ofInquairy Methods to Increase Capabilities Geometry Concept and Learning Motivation for Elementary School Students Grade V. Classroom Action Research. Thesis.Basic Education Department,Postgraduate State University of Malang. Advisors: (I) Dr. EdyBambangIrawan, M.Pd., (II) Dr. Abd. Qohar, M.T.

 

Keywords: the inquiry method, capabilities of geometry concepts, motivation to learn.

 

This study was to improve the ability of geometry concepts and motivation to learn mathematic in elementary school students. This study was classroom action research conducted in two cycles of action.

The purpose of this study were: (1) describe the implementation of learning geometry concept and motivation to learn mathematic by using methods Enquiry, (2) describes the implementation of learning activities of students in ability the geometry concept and motivation to learn mathemathic by using methods Enquiry, (3) improve the implementation of learning mathematics of geometry and motivation to learn by using Enquiry method, and (4) to instill the concept of geometry and motivation to learn mathematics as a provision in life.

The results showed that at the beginning of the learning, the discussion goes a little slow, unidirectional, and still less active research subject in the discussion. From interviews to all students in the classroom research obtained information that the use of the inquiry method is new because it has never been applied in learning. The initial motivation of students before action an average of 2, 94%. However, after the implementation of the action, the motivation of students increased to an average of 4, 22%. At the end of the first cycle after reflection it turns out that the end of the first cycle of the test score results obtained by the average student learning in classical reached 74.16%. The achievement shows that the average score of students is high, but the average score is yet meets the defined success criteria researchers. Because of the 37 students in the class who earn a score of ≥70 only 67% or 25 students from 37siswa. During the learning that takes place on this first cycle of the student group discussion activity is still relatively low at only reached category enough. At the beginning of the second cycle of discussion goes well it is characterized by high acquisition activity score of students in the learning gained from two observer at an average of 92% with a very good category. Increased activity of the student group discussion was accompanied by an increase in study results, it can be seen from the second cycle test results obtained an average score of 88.6 and 96.4% of 37 students obtained a score of ≥ 70