DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Efikasi Diri Akademik, Harga Diri, Keterampilan Menetapkan Tujuan, dan Berpikir Kreatif dengan Prestasi Akademik Siswa SMPN di Kota Malang

Febranti Putri Navion

Abstrak


ABSTRAK

 

Navion, Febranti Putri. 2015. Hubungan Efikasi Diri Akademik, Harga Diri, Keterampilan Menetapkan Tujuan, dan Berpikir Kreatif dengan Prestasi Akademik Siswa SMPN di Kota Malang. Tesis, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany M. Handarini, M. A., (II) Dr. Moh. Irtadji, M.Si.

 

Kata kunci: efikasi diri akademik, harga diri, berpikir kreatif, keterampilan menetapkan tujuan, dan prestasi akademik.

 

Prestasi akademik seseorang dipengaruhi berbagai aspek, salah satu aspek yang mempengaruhi prestasi akademik adalah aspek psikologis diantaranya efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif. Seseorang yang memiliki efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif memungkinkan untuk dapat memiliki prestasi akademik yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model teoritik prestasi akademik siswa kelas unggulan dan pengaruh efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif terhadap prestasi akademik siswa kelas unggulan di SMPN kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Causal Relationship Study dan analisis data adalah path analysis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas unggulan kota Malang sejumlah 141 siswa. Data dikumpulkan menggunakan skala efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif, kemudian prestasi akademik diperoleh dari rata-rata nilai raport dari mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS. Hasil realibilitas melalui Cronbach's Alpha masing-masing variabel memperoleh nilai efikasi diri akademik 0.764; harga diri 0.899; dan keterampilan menetapkan tujuan 0.938. Sedangkan hasil uji analisis faktor eksploratori KMO-MSA (Kaiser-Mayer-Olkin Measurment of Sampling Adequacy) setiap variabel memperoleh efikasi diri akademik 0.691; harga diri 0.739; keterampilan menetapkan tujuan 0.879, dan berpikir kreatif 0.604. Sedangkan nilai signifikasi masing-masing variabel adalah 0.000.

Hasil uji hipotesis melalui path analysis diperoleh kesimpulan bahwa model teoritik prestasi akademik siswa tidak terbukti sepenuhnya. Efikasi diri akademik berpengaruh langsung secara signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan variabel harga diri, keterampilan menetapkan tujuan dan berpikir kreatif tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap prestasi akademik. Serta harga diri dan keterampilan menetapkan tujuan mempengaruhi efikasi diri akademik.

Saran penelitian ini yaitu dapat digunakan sebagai pijakan pengembangan keilmuan bimbingan dan konseling serta diharapkan dapat memperkuat bukti empiris mengenai hubungan antara harga diri terhadap prestasi akademik. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai analisis pada siswa kelas unggulan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan prestasi akademik siswa kelas unggulan selain aspek kognitif ada faktor lain yang lebih mendukungnya, hendaknya guru terutama konselor harus lebih memperhatikan aspek psikologis diantaranya adalah efikasi diri.