DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TEKS DALAM BUKU BAHASA INDONESIA KELAS X DITINJAU DARI KEBUTUHAN KOMUNIKATIF SISWA SMK

Albitar septian syarifudin

Abstrak


Abstrak

 

Syarifudin, Albitar Septian. 2015. Analisis Teks dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Ditinjau dari Kebutuhan Komunikatif Siswa SMK. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muakibatul Hasanah, M. Pd, (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd.

 

Kata kunci: teks, buku siswa, kebutuhan komunikatif

 

Teks dalam buku siswa berbasis Kurikulum 2013 memiliki peranan yang penting pada pembelajaran bahasa kedua. Oleh karena itu, diperlukan kriteria pemilihan teks yang tepat untuk dihadirkan dalam buku siswa. Kriteria yang dimaksud adalah teks yang dipilih dalam buku siswa perlu memperhatikan kebutuhan komunikatif siswa. Penelitian ini, dilaksanakan untuk menganalisis keterkaitan teks dengan kebutuhan komunikatif siswa SMK. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X SMK, (2) kebutuhan komunikatif siswa SMK, dan (3) keterkaitan teks dengan kebutuhan komunikasi siswa SMK.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif- kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Peneliti dalam penelitian ini merupakan instrumen utama dilengkapi dengan instrumen penunjang berupa panduan analisis. Sumber data pada penelitian ini adalah teks-teks yang terdapat dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X SMK dan kebutuhan komunikatif siswa SMK. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembacaan intensif dan berulang sebuah data teks melalui panduan analisis data. Analisis data dimulai dari tahapan pengumpulan satuan data yang terdiri atas (1) klasifikasi, (2) pemaknaan data, dan (3) interpretasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua teks yang disajikan dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X SMK sesuai dengan teori teks yang dikemukakan oleh Hammond (1992).  Kesesuaian tersebut meliputi (1) struktur dan fungsi teks, (2) kebahasaan teks, dan (3) fungsi masing-masing teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X SMK. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan komunikatif siswa SMK ditemukan bahwa siswa SMK memiliki dua kebutuhan komunikatif utama. Pertama kebutuhan komunikatif vokasional untuk memenuhi peningkatan keahlian di bidang industri dan kedua kebutuhan komunikatif terkait pengembangan diri sebagai wujud aktualisasi di masyarakat.

Berdasarkan kedua kebutuhan komunikatif siswa SMK dan analisis teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X SMK diperoleh kesimpulan bahwa semua genre teks yang dihadirkan dalam buku siswa memenuhi kebutuhan komunikatif pengembangan diri siswa. Akan tetapi hanya tiga genre teks yang memenuhi kebutuhan komunikatif vokasional siswa yaitu teks (1) laporan hasil observasi, (2) teks prosedur kompleks, dan (3) teks eksposisi karena tugas akhir siswa terkait mata pelajaran vokasional adalah membuat laporan yang dapat dipenuhi teks laporan, menyajikan pemaparan yang dapat dipenuhi teks eksposisi, dan menentukan urutan kerja yang dapat dipenuhi teks prosedur.  Dari temuan penelitian, saran penelitian terbagi menjadi tiga yaitu: (1) bagi guru sebagai pengajar mata pelajaran di SMK harus lebih mempersiapkan tema teks yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kompetensi keahlian masing-masing dan tidak boleh mengandalkan buku teks saja, (2) bagi penulis buku harus lebih selektif menyajikan teks dalam buku siswa dan harus membedakan buku pelajaran SMA serta SMK, (3) bagi peneliti yang melakukan penelitian serupa harus lebih hati-hati dan teliti dalam melakukan penelitian karena penelitian ini membutuhkan kecermatan tinggi.