DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPenggunaan Software FluidsimdanSikapSiswaTerhadapHasilBelajarMengoperasikanPengendaliDayaTeganganRendahPadaSiswaKelas X1 TITL SMKN 1 Kediri.

Jatmiko Jatmiko

Abstrak


Abstrak

  Jatmiko. 2015. Pengaruh Penggunaan Software Fluidsim dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Pengendali Daya Tegangan Rendah Pada Siswa Kelas X1 TITL SMKN 1 Kediri. Tesis, Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Ahmad Sonhadji K.H, M.A, Ph.D, (II) Drs. Slamet Wibawanto, MT.

 

Kata kunci: software fluidsim, sikap siswa, hasil belajar

 

Meningkatkan kualitas pembelajaran dapat ditempuh antara lain melalui penggunaan strategi mengajar yang mampu mengembangkan cara belajar siswa aktif. Memilih pendekatan mengajar menggunakan software fluidsim dengan maksud untuk mendorong dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif dan inovatif dan belajar sesuai dengan kecepatan serta kemampuan belajar masing-masing siswa. Selain alasan tersebut memilih dan menggunakan pendekatan mengajar menggunakan Software Fluidsim bermaksud agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik karena materi pembelajaran sudah dapat disimulasikan di komputer sehingga memudahkan siswa dalam memahami hasil rancangan yang sudah dibuat, sebelum melakukan praktek.

Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah, antara siswa yang menggunakan software fluidsim dan yang menggunakan media presentasi, 2) untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara sikap siswa pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah  yang menggunakan software fluidsim dan yang menggunakan media presentasi terhadap hasil belajar mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah, 3) untuk mengetahui interaksi antara  sikap siswa dan pendekatan mengajar menggunakan software fluidsim dan yang menggunakan media presentasi terhadap hasil belajar mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Rancangan terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.  Pelaksanaan eksperimen dalam penelitian ini akan membandingkan dua pendekatan mengajar, yakni pendekatan menggunakan software fluidsim dan menggunakan presentasi.

Dari hasil eksperimen dapat diketahui: 1) pembelajaran pengendali daya tegangan rendah  dengan pendekatan mengajar menggunakan software fluidsim  hasilnya lebih baik dari pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan mengajar tanpa menggunakan software fluidsim, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara sikap siswa pada pelajaran pengendali daya tegangan rendah  dengan hasil belajar mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah, 3) ada interaksi antara pendekatan mengajar menggunakan software fluidsim  dan tanpa menggunakan software fluidsim dengan sikap siswa.

Berdasarkan temuan ini ada beberapa saran 1) bagi siswa hendaklah rangkaian kontrol disimulasikan dulu dengan menggunakan  software fluidsim supaya tidak terjadi kesalahan dan memperlancar kegiatan praktek pengendali daya tegangan rendah 2) bagi guru guru hendaknya menanamkan pada siswa perlunya menguasai ketrampilan komputer dan penguasaan software fluidsim, 3) Bagi Dinas Pendidikan daerah perlu mengupayakan pengadaan media komputer di sekolah-sekolah, 4) bagi peneliti selanjutnya perlu memadukan beberapa variabel, seperti pendekatan  mengajar, karakteristik siswa,  dan gaya belajar siswa dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.