DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa

Devi Eryanti

Abstrak


Abstrak

 

Eryanti, Devi, 2015. Keefektifan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (I) Dr. M. Ramli, M. A. (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M. Pd.

 

Kata kunci: konseling kelompok ringkas berfokus solusi, percaya diri, sekolah menengah pertama

 

Percaya diri dibutuhkan oleh setiap individu, termasuk remaja. Rasa percaya diri yang dimiliki remaja akan mempengaruhi pengembangan potensi yang dimilikinya apabila remaja tersebut memiliki rasa percaya diri yang rendah maka potensi yang ada didalam dirinya akan terhambat. Jika remaja memiliki kepercayaan diri yang tinggi maka potensi didalam diri remaja tersebut dapat tereksplorasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan percaya diri siswa SMP Negeri 5 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen murni. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki percaya diri sangat rendah dan rendah. Data diperoleh dari hasil pretest skala percaya diri. Analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon dan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok ringkas berfokus solusi efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa SMP. Terlihat dari hasil analisis mean skor posttest dari kelompok eksperimen yang lebih besar daripada mean skor posttest kelompok kontrol, yakni  9,50>3,50. Selanjutnya, dilihat dari output Test Statistics menunjukkan bahwa asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,004, atau probabilitas di bawah 0,05 (0,004< 0,05).

Saran penelitian hendaknya (1) konselor menggunakan konseling kelompok ringkas berfokus solusi untuk membantu konseli meningkatkan percaya diri, dan (2) peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan melibatkan subjek yang lebih banyak sehingga diperoleh generalisasi yang lebih luas.