DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MODEL TEORITIK PRESTASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI KOTA MALANG

HANIK MUFARIDAH

Abstrak


Abstrak

 

Mufaridah, Hanik. 2015. Penelitian Model Teoritik Prestasi Akademik Siswa SMA Negeri Kota Malang. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.

Carolina L. Radjah, M.Kes., (II) Dr. Dany M. Handarini, M.A

 

Kata-kata kunci: disiplin diri, persepsi diri akademik, efikasi diri, kebutuhan untuk berprestasi, prestasi akademik.

 

Prestasi akademik merupakan tolok ukur bagi keberhasilan atau kegagalan siswa di bidang akademik dan juga menjadi bagian dari penentu kelulusan siswa dari sebuah jenjang pendidikan. Dalam mencapai keberhasilan prestasi akademik terdapat beberapa faktor pendukung diantaranya adalah faktor non-kognitif, yang dalam penelitian ini meliputi faktor disiplin diri, efikasi diri, kebutuhan untuk berprestasi, dan persepsi diri akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model teoritik prestasi akademik siswa SMAN kota Malang yang telah dibangun dapat dibuktikan secara empiris.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Non-Experimental Research. Sedangkan ditinjau dari hubungan antar variabel merupakan Causal Relationship Explanantory Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 200 siswa (78 laki-laki dan 122 perempuan) dari SMA Negeri Kota Malang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analysis). Data dikumpulkan dengan skala disiplin diri, kebutuhan untuk berprestasi, persepsi diri akademik, dan efikasi diri. Prestasi akademik diperoleh dari nilai ujian tengah semester pertama kelas X-MIPA tahun pelajaran 2015/2016. Nilai KMO (Kaiser Meyer Olkin) dan Bartlett’s Test masing-masing variabel 0,821 (disiplin diri), 0,790 (efikasi diri), 0,844 (kebutuhan untuk berprestasi), dan 0,849 (persepsi diri akademik).

Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa persepsi diri akademik dan kebutuhan untuk berprestasi berpengaruh terhadap efikasi diri. Selanjutnya, efikasi diri, kebutuhan untuk berprestasi dan persepsi diri akademik berpengaruh terhadap prestasi akademik. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) menjadi gambaran bagi peneliti selanjutnya dalam topik terkait, sehingga diharapkan dapat memperkuat bukti empiris mengenai hubungan antara disiplin diri, efikasi diri, persepsi diri akademik, dan kebutuhan untuk berprestasi terhadap prestasi akademik, (2) bagi peneliti selanjutnya, untuk memperhatikan teknik pengambilan sampel yakni dengan menggunakan teknik random agar hasil penelitian dapat digeneralisasikan, sehingga tidak terpaku pada karakteristik tertentu. Sedangkan untuk instrument yang digunakan, agar menggunakan instrumen yang telah terstandar, sehingga nantinya dapat mempermudah peneliti dalam menganalisis data, dan (3) digunakan sebagai analisis pada siswa berprestasi tinggi (10 besar), bahwa konselor perlu memperhatikan adanya aspek lain (disiplin diri, efikasi diri, persepsi diri akademik, dan kebutuhan untuk berprestasi) selain aspek kognitif yang mendukung prestasi akademik siswa. Keempat aspek tersebut dapat dikembangkan melalui program BK dalam bidang pribadi-sosial.