DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Layanan Informasi Karier Berbasis Media Blog Untuk Ketepatan Pemilihan Karier Siswa SMA

Azam Arifyadi

Abstrak


Abstrak

 

Arifyadi, Azam. 2013. Pengembangan Model Layanan Informasi Karier Berbasis Media Blog Untuk Ketepatan Pemilihan Karier Siswa SMA. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd., (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata kunci: informasi karier, media blog, ketepatan pemilihan karier

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kesulitan siswa SMA dalam menentukan pilihan karier di masa depan. Kurangnya informasi tentang dunia kerja dan pendidikan menjadi penyebab siswa mengalami kebingungan dalam memilih karier yang sesuai dengan keinginan. Kegiatan layanan informasi karier yang dilaksanakan oleh konselor belum optimal karena adanya keterbatasan waktu. Dibutuhkan sebuah inovasi yang dapat mengakomodasi masalah keterbatasan waktu dan luasnya informasi karier yang dapat diakses oleh siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian pengembangan model layanan infomasi karier berbasis media blog dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model layanan informasi karier berbasis media blog untuk ketepatan pemilihan karier siswa SMA; (2) mengetahui kelayakan model layanan informasi karier berbasis media blog untuk ketepatan pemilihan karier siswa SMA. Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang yang dipilih secara purpossive sehingga diperoleh subjek 20 siswa.

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi, meliputi tahap-tahap: (1) melakukan analisis model layanan informasi karier yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) uji ahli, (4) uji lapangan, (5) revisi produk. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk memperoleh data kuantitatif dan wawancara untuk memperoleh data kualitatif yang berupa uraian, saran, dan masukan dari subjek uji coba. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari lembar penilaian dianalisis, selanjutnya dikonversikan ke data kualitatif dengan menggunakan skala likert.

Hasil uji ahli menunjukkan bahwa penilaian ahli materi mendapatkan skor 4,25 dengan kategori sangat baik; hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,05 dengan kategori baik; sedangkan hasil uji lapangan menunjukkan hasil penilaian konselor mendapatkan skor 4 dengan kategori baik; dan hasil penilaian siswa mendapatkan skor 4,07 dengan kategori baik. Dengan demikian, model layanan informasi karier berbasis media blog untuk ketepatan pemilihan karier siswa SMA dianggap layak untuk dijadikan sebagai media layanan informasi karier.

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan model layanan informasi karier berbasis media blog untuk ketepatan pemilihan karier siswa SMA, maka dapat diberikan saran sebagai berikut: (1) bagi siswa diharapkan dapat memanfaatkan secara maksimal media blog untuk menunjang ketepatan pemilihan karier di masa depan, (2) bagi konselor diharapkan dapat mempromosikan Blog layanan informasi karier kepada siswa untuk memudahkan dalam pemilihan informasi karier secara tepat, (3) peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menguji keefektifan produk yang dikembangkan.