DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kompetensi Kerja, Spiritualitas, dan Profesionalitas Kerja dengan Kinerja Guru pada SMK Negeri di Kota Malang.

Askar . Askar

Abstrak


Abstrak

 

Hubungan antara Kompetensi Kerja, Spiritualitas, dan Profesionalitas Kerja dengan Kinerja Guru pada SMK Negeri di Kota Malang.

 

 ASKAR

Perumahan Griyashanta-A/42 Kota Malang Telephone: 0341.400183;

HP: 085852048033; email: askar1958@yahoo.co.id

 

Kata kunci: kompetensi kerja, spiritualitas, profesionalitas kerja, kinerja guru

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) tingkat pencapaian kinerja guru, profesionalitas kerja guru, kompetensi kerja guru, dan spiritualitas guru, (2) signifikansi hubungan langsung maupun tidak langsung antara kompetensi kerja, spiritualitas, dan profesionalitas kerja dengan kinerja guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, angket sebagai instrumen penelitian. Populasi 520 orang guru PNS di SMKN Kota Malang akhir tahun 2014, dan sampel 230 orang guru. Teknik pengumpulan data adalah sampling acak dengan memilih sampel dengan teknik bertujuan (purposive proporsif random sampling). Model analisis dan pengujian hipotesis menggunakan SEM berbasis komponen yaitu program GSCA.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi kerja guru kategori kompeten, spiritualitas guru sangat baik, profesionalitas kerja guru kategori sangat profesional, kinerja guru termasuk kategori baik. Terdapat hubungan langsung signifikan antara: (1) kompetensi kerja guru dengan profesionalitas kerja guru, (2) spiritualitas guru dengan profesionalitas kerja guru, (3) profesionalitas kerja guru dengan kinerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara: (1) kompetensi kerja guru dengan kinerja guru melalui profesionalitas kerja guru, (2) spiritualitas guru dengan kinerja guru melalui profesionalitas kerja guru.