DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Anak Bangsa Berperilaku Ekonomi Indonesia

Erlinda Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Erlinda. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Anak Bangsa Berperilaku Ekonomi Indonesia, Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr.Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E.,M.P.,Ak. Pembimbing (II) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.

 

Kata Kunci :pengembangan, bahan ajar, tematik, ekonomi Indonesia.

 

Pendidikan ekonomi memegang peranan penting untuk membentuk generasi Indonesia ke arah yang lebih baik dengan tetap menjadikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan. Pendidikan ekonomi yang baik harus didukung oleh semua unsur pembelajaran salah satunya adalah bahan ajar. Adanya bahan ajar akan mempermudah siswa untuk lebih fokus dalam mengikuti aktivitas pembelajaran. Pengembangan bahan ajar tematik diperlukan untuk dapat mendorong siswa  terlibat secara aktif, karena dengan adanya tema siswa akan lebih mudah dalam memusatkan perhatian dan berpikir nalar mengenai  kondisi ekonomi di sekitar siswa sehingga siswa akan lebih mudah memahami perilaku ekonomi Indonesia.

Tujuan pengembangan antara lain: (1) Mengembangkan bahan ajar tematik anak bangsa berperilaku ekonomi Indonesia sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap permasalahan ekonomi sehari-hari serta memberikan pembelajaran ekonomi yang bermakna(2)Menganalisis kelayakan bahan ajar tematik anak bangsa berperilaku ekonomi Indonesia hasil pengembangan sehingga bahan ajar tersebut layak digunakan oleh siswa.(3)Menguji efektivitas bahan ajar tematik anak bangsa berperilaku ekonomi Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa terhadap permasalahan ekonomi sehari hari.

Subyek pengembangan adalah siswa kelas IX MTs Negeri Malang 3. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R2D2 (Reflective, Recursive, Design, and Development) dengan instrumen angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil pengembangan menujukkan bahwa (1) berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan ahli materi ekonomi diperoleh hasil bahwa bahan ajar tematik anak bangsa berperilaku ekonomi Indonesia sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi dengan persentasi 91,46%. (2) berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan ahli media diperoleh hasil bahwa bahan ajar tematik anak bangsa berperilaku ekonomi Indonesia sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi dengan persentasi 81,57%. (3) berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan siswa diperoleh hasil bahwa bahan ajar tematik anak bangsa berperilaku ekonomi Indonesia sangat menarik dan dapat digunakan tanpa revisi dengan persentasi 88,25%. (4) berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan nilai siswa yaitu saat pre test sebanyak 3% nilai siswa termasuk kategori baik sekali, sebanyak 12% nilai siswa termasuk kategori baik, sebanyak 9% nilai siswa termasuk kategori cukup, sebanyak 24% nilai siswa termasuk kategori kurang dan sebanyak 52% nilai siswa termasuk kategori kurang sekali. Saat evaluasi materi 1 sebanyak 27% nilai siswa termasuk kategori baik sekali,sebanyak 49% nilai siswa termasuk kategori baik, sebanyak 15% nilai siswa termasuk kategori cukup, sebanyak 6% nilai siswa termasuk kategori kurang dan sebanyak 3% nilai siswa termasuk kategori kurang sekali. Saat evaluasi materi 2 sebanyak 30% nilai siswa termasuk kategori baik sekali, sebanyak 40% nilai siswa termasuk kategori baik, dan sebanyak 30% nilai siswa termasuk kategori cukup.