DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Teoritik Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Unggulan SMP Negeri Kota Malang

Indriyana Rachmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmawati, Indriyana. 2015. Model Teoritik Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan

 

Sosial Siswa Kelas Unggulan SMP Negeri Kota Malang. Tesis. Program

Studi Bimbingan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini, M.A., Pembimbing (II) Dr. Adi

Atmoko, M.Si

 

Kata kunci: keterampilan kerjasama, etos kerja, prestasi akademik

 

Prestasi akademik dipengaruhi oleh faktor kognitif dan sosial. Lev

Vygotsky berpandangan bahwa perkembangan intelektual ditunjukkan dengan

membantu orang lain, komunikasi, dan memecahkan masalah. Penelitian ini

bertujuan untuk mengetahui model teoritik prestasi akademik siswa SMP Negeri

Kota Malang, ditinjau dari keterampilan kerjasama, etos kerja, kemampuan

mengambil perspektif orang lain, dan keterbukaan terhadap pengalaman. 

Metode penelitian ini adalah correlational design. Analisis data yang

digunakan adalah Path analysis. Sampel penelitian ini berjumlah 177 siswa. Data

dikumpulkan dengan skala keterampilan kerjasama, etos kerja, kemampuan

mengambil perspektif orang lain, dan keterbukaan terhadap pengalaman. Prestasi

akademik diperoleh dari nilai ujian tengah semester pertama kelas VIII atau IX

tahun pelajaran 2015/2016. Nilai KMO (Kaiser Meyer Olkin) dan Bartlett’s Test

masing-masing variabel 0,756 (keterampilan kerjasama), 0,742 (etos kerja), 0,827

(kemampuan mengambil perspektif orang lain, dan 0,720 (keterbukaan terhadap

pengalaman). 

Hasil uji hipotesis melalui path analysis diperoleh kesimpulan bahwa etos

kerja, kemampuan mengambil perspektif orang lain, dan keterbukaan terhadap

pengalaman memberikan kontribusi terhadap keterampilan kerjasama.

Selanjutnya, keterbukaan terhadap pengalaman dan keterampilan kerjasama

secara signifikan mempengaruhi prestasi akademik. 

Saran penelitian ini bagi guru BK, hendaknya mengembangkan

kemampuan mengambil perspektif orang lain, keterbukaan terhadap pengalaman,

dan keterampilan kerjasama siswa untuk meningkatkan prestasi akademik. Bagi

peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian lanjutan dengan jumlah sampel

yang lebih luas dan memperhatikan variabel lain yang diduga dapat berpengaruh

terhadap model, antara lain karakteristik siswa, metode pembelajaran yang

digunakan, dan karakteristik keterampilan kerjasama.

   

 

ABSTRACT

 

Rachmawati, Indriyana. 2015. Theoretical Model of the learning achievement of

social sciences of students in Featured classes in State Junior High Schools

Students of Malang. Thesis. Counselling and Guidance Study Program.

Graduate Study of State University of Malang. Advisor (I) Dr. Dany M.

Handarini, M.A., Advisor (II) Dr. Adi Atmoko, M.Si

 

Key words: teamwork skills, work ethic, academic achievement

 

Academic achievement is influenced by cognitive and social factors. Lev

Vygotsky said that intellectual development is indicated by helping others,

communication with others, and solving some problems. This research/study aims

to determine the theoretical models of learning achievement of social sciences of

students in Featured classes in State Junior High Schools Students of Malang, that

is teamwork skills, work ethic, the ability to take the perspective of others, and the

openness to experience.

This research/study method is correlational design. The data analysis is

Path analysis. The research sample are 177 students. The method of collecting

data is using scale teamwork skills, work ethic, the ability to take the perspective

of others, and the openness to experience. The academic achievement derived

from the value of 1st midterms test of VII grade or IX grade in academic year

2015/2016.  KMO Score (Kaiser Meyer Olkin) and Bartlett’s Test each variable

0.756 (teamwork skills), 0,742 (work ethic), 0,827 (perspective taking), dan 0,720

(the openness to experience). 

The concluded that Hypothesis test results through path analysis is work

ethic, perspective taking, and the openness to experience give contribution in

teamwork skills. Then, the openness to experience and teamwork skills

significantly affect the learning achievement on social sciences of students in

Featured classes.

The suggestion of this research is for teachers of Guidance and

counceling, they should develop the ability to take the perspective of  others, the

openness to experience, and teamwork skills to improve academic achievement.

For the researcers, can do further research with a larger number of samples and

can pay attention to other variables that could be expected to affect the models,

such as: student characteristics, learning methods used, and the characteristics of

teamwork skills .

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat

pada peneliti, sehingga mampu menyelesaikan tesis dengan judul Model Teoritik

Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Unggulan SMP Negeri

Kota Malang. Peneliti menyadari dalam penyelesaian tesis ini, telah melibatkan

berbagai pihak, sehingga peneliti mengucapkan terima kasih kepada:

1. Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., selaku Direktur Pascasarjana

Universitas Negeri Malang.

2. Dr. Dany M. Handarini, M.A., selaku dosen pembimbing I atas semangat dan

dorongan yang diberikan.

3. Dr. Adi Atmoko, M.Si, selaku dosen pembimbing II atas semangat dan

dorongan yang diberikan.

4. Dosen Universitas Negeri Malang jurusan Bimbingan dan Konseling, atas

bimbingan dan ilmu yang telah diajarkan selama menempuh pendidikan

Magister.

5. Guru dan Siswa SMP Negeri Kota Malang, yang bersedia memberikan waktu

untuk menunjang penelitian tesis.

6. Bapak Sugiyono dan Ibu Indrati, kedua adik-adikku (Dita Kartika Sari dan

Karina Nugrahani) yang senantiasa memberikan motivasi dalam proses

penyelesaian tesis. 

7. Teman Pascasarjana Universitas Negeri Malang angkatan 2013, atas

dukungan yang diberikan.

iii

 

Peneliti menyadari tesis ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga

masukan yang membangun sangat dibutuhkan. Terakhir, peneliti berharap semoga

kehadiran tesis ini dapat memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkan.

 

 

 

iv

Malang, 21 Desember 2015

Peneliti 

 

 

DAFTAR ISI

 

       Halaman

Abstrak ...............................................................................................................i

Abstract ..............................................................................................................ii

Kata Pengantar .................................................................................................iii

Daftar Isi ............................................................................................................v

Daftar Tabel .......................................................................................................vii

Daftar Gambar ..................................................................................................ix

Daftar Bagan .....................................................................................................x

Daftar Lampiran ...............................................................................................xi

 

BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................1

A. Latar Belakang ....................................................................................1

B. Rumusan Masalah ..............................................................................17

C. Tujuan .................................................................................................18

D. Hipotesis Penelitian ............................................................................19

E. Kegunaan Penelitian ...........................................................................20

F. Asumsi Penelitian ...............................................................................22

G. Keterbatasan Penelitian ......................................................................22

H. Definisi Operasional ...........................................................................23

 

BAB II KAJIAN PUSTAKA ............................................................................26

A. Prestasi Akademik ..............................................................................26

B. Keterampilan Kerjasama ....................................................................31

C. Etos Kerja ...........................................................................................38

D. Kemampuan Mengambil Perspektif Orang Lain ................................45

E. Keterbukaan terhadap Pengalaman ....................................................54

F. Pengaruh antar Variabel .....................................................................59

 

BAB III METODE PENELITIAN ..................................................................90

A. Rancangan Penelitian ..............................................................................90

B. Populasi dan Sampel ...............................................................................91

C. Instrumen Penelitian................................................................................94

D. Pengumpulan Data ..................................................................................100

E. Analisis Data ...........................................................................................101

 

BAB IV HASIL PENELITIAN ........................................................................112

A. Deskripsi Subjek Penelitian ....................................................................112

B. Uji Asumsi ..............................................................................................113

C. Deskripsi Konstruk Hasil Penelitian .......................................................117

D. Uji Hipotesis Penelitian ..........................................................................124

 

BAB V PEMBAHASAN ...................................................................................138

 

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN...........................................................164

A. Kesimpulan .............................................................................................164

B. Saran dan Rekomendasi ..........................................................................165

v

 

DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................167 

 

vi

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel              Halaman

3.1 Jumlah Sampel Penelitian ..........................................................................94

3.2 Kisi Kisi Instrumen Etos Kerja ..................................................................96

3.3 Kisi Kisi Instrumen Keterampilan Kerjasama ...........................................97

3.4 Kisi Kisi Instrumen Keterbukaan terhadap Pengalaman ...........................97

3.5 Kisi Kisi Instrumen Kemampuan Mengambil Perspektif Orang Lain ......98

3.6 Reliabilitas Instrumen ................................................................................100

4.1    Responden berdasarkan Jenis Kelamin ......................................................112

4.2    Responden berdasarkan Umur ...................................................................113

4.3    Uji Multikolinieritas terhadap Keterampilan Kerjasama ...........................116

4.4    Uji Multikolinieritas terhadap Prestasi Akademik .....................................117

4.5    Deskripsi Konstruk Etos Kerja ..................................................................118

4.6    Deskripsi Konstruk Keterampilan Kerjasama ............................................120

4.7    Deskripsi Konstruk Kemampuan Mengambil Perspektif Orang Lain .......121

4.8    Deskripsi Konstruk Keterbukaan terhadap Pengalaman ............................123

4.9    Output Variable Entered ............................................................................124

4.10  Output Model Summary .............................................................................125

4.11  Output Anova .............................................................................................125

4.12  Output Koefisien ........................................................................................125

4.13  Diagnostik Koliniearitas ............................................................................125

4.14  Residual Statistik ........................................................................................125

4.15  Output Variable Entered ............................................................................127

vii

4.16  Output Model Summary .............................................................................127

4.17  Output Anova .............................................................................................127

4.18  Output Koefisien ........................................................................................127

4.19  Diagnostik Koliniearitas ............................................................................128

4.20  Residual Statistik ........................................................................................128

4.21  Kesimpulan Pengaruh Total terhadap Prestasi Belajar Ilmu

Pengetahuan Sosial  ...................................................................................130

 

4.22  Kesimpulan Hasil Analisis dari Masing-Masing Pengaruh antar

Variabel......................................................................................................132

 

 

 

 

viii

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar             Halaman

2.1 Kerangka Teoritik Penelitian ........................................................................89

3.1 Variabel Prestasi Akademik ..........................................................................105

3.2 Variabel Keterampilan Kerjasama ................................................................106

3.3 Variabel Etos Kerja .......................................................................................106

3.4 Variabel Kemampuan Mengambil Perspektif Orang Lain............................107

3.5 Variabel Keterbukaan terhadap Pengalaman ................................................108

3.6 Model Hubungan antar Konstruk ..................................................................109

4.1 Uji Heteroskedastisitas dengan Variabel Dependen: Keterampilan

Kerjasama ....................................................................................................114

 

4.2 Uji Heteroskedastisitas dengan Variabel Dependen: Prestasi Belajar

Ilmu Pengetahuan Sosial ..............................................................................115

 

4.3 Hasil Analisis Model Konseptual Penelitian Keterampilan Kerjasama ........126

4.4 Hasil Analisis Model Konseptual Penelitian Prestasi Akademik .................128

 

ix

 

DAFTAR BAGAN

 

Bagan                     Halaman

3.1 Kerangka Konseptual Penelitian ...................................................................105

3.2 Sub Struktural dari Hipotesis Pertama ..........................................................109

3.3 Sub Struktural dari Hipotesis Kedua .............................................................109

3.4 Sub Struktural dari Hipotesis Ketiga ............................................................110

3.5 Sub Struktural dari Hipotesis Keempat .........................................................110

3.6 Sub Struktural dari Hipotesis Kelima ...........................................................110

3.7 Sub Struktural dari Hipotesis Keenam ..........................................................111

3.8 Sub Struktural dari Hipotesis Ketujuh ..........................................................111

 

 

 

x

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran               Halaman

1. Output Path Analysis ..............................................................................187

2. Output Uji Asumsi ..................................................................................188

3. Skala Penelitian .......................................................................................189

4. Ouput Analisis Faktor .............................................................................190

5. Surat Keterangan Penelitian ....................................................................191

xi