DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Impact untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik

HERNIKA DESVILIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Desviliana, Hernika. 2015. Keefektifan Impact untuk Menurunkan Perilaku

Prokrastinasi Akademik  Siswa SMPN 5 Malang. Tesis, Program Studi

Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:   (1) Dr. Triyono, M.Pd (2) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd

 

Kata Kunci: perilaku prokrastinasi akademik, impact

 

Perilaku Prokrastinasi akademik merupakan tindakan yang banyak

dialami oleh sebagian besar individu termasuk siswa SMP. Perilaku ini harus

ditindak lanjuti sedini mungkin karena bagi individu yang sering atau memiliki

tingkat prokrastinasi tinggi akan memperoleh dapak yang sangat jelas dan

merugikan diri individu tersebut yaitu menurunnya prestasi akademik. Penelitian

ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan impact untuk menurunkan perilaku

prokrastinasi akademik siswa SMPN 5 Malang.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest and posttest control

group design. Berdasarkan hasil skala perilaku prokrastinasi siswa, terdapat 12

siswa yang teridentifikasi memiliki tingkat perilaku prokrastinasi yang tinggi.

Selanjutnya, siswa dibagi menjadi dua kelompok untuk masuk kedalam

kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang terdiri dari enam orang untuk

masing-masing kelompok. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam

penelitian ini meliputi skala perilaku prokrastinasi akademik, panduan

pelaksanaan penggunaan impact untuk konselor Sekolah Menengah Pertama

(SMP),dan jurnal refleksi diri.

Data yang diperoleh diuji menggunakan uji Two-Independent-Sample

Test-Mann-Whitney U menunjukkan bahwa nilai mean pada output rank konseli

yang mendapatkan intervensi menggunakan impact (kelompok eksperimen)

lebih kecil dibandingkan dengan penggunaan konseling kelompok ringkas

berfokus solusi murni (kelompok kontrol) yaitu 3.50