DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Model Mental Mahasiswa Pendidikan Kimia Dalam Memahami Berbagai Jenis Reaksi Kimia Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Yang Berbeda

Supriadi .

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan model mental sangat penting dalam mempelajari kimia karena pengembangan teori dan praktik kimia dan sains diawali dengan pengembangan model mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali model mental mahasiswa dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia berdasarkan perbedaan pengetahuan awal.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif deskriptif. Sampel terdiri dari 152mahasiswa yang berasal dari semester 1,3, dan 5Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram. Sebanyak 10 item soal tes essay dikembangkan tentang topik reaksi pembentukan, reaksi penguraian, reaksi pembakaran, reaksi substitusi tunggal dan reaksi substitusi gandauntuk mengidentifikasimodel mentalmahasiswa dan 19 soal tes pilihan ganda untuk mengidentifikasi pengetahuan awal mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 74,3%mahasiswamasih mengembangkan model mental inisial dalam menjelaskan fenomena reaksi pada level submikroskopik dan belum ada mahasiswa yang mengembangkan model mental saintifik. Mereka hanya menjelaskan proses terjadinya reaksi kimia pada level makroskopik dan simbolik. Selain itu dalam model mental mahasiswa,masih terdapat pra konsep yang dapat menyebabkan miskonsepsi. Peneliti menyarankan bahwa perlu diterapkan pembelajaran yang berbasis multi level representasi dan perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan model mental mahasiswa karena pengembangan model mental sangat penting dalam memahami konsep-konsep kimia.