DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kepuasan Kerja, Kompetensi, Komitmen Organisasi, dan Expectancy dengan Kinerja Guru di Kota Tarakan

Agus Surya Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Tugas pokok yang ditunjukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar merupakan bentuk kinerja guru. Untuk mencapai kinerja yang maksimal, maka di-perlukan kompetensi yang memadai. Kepuasan kerja akan mempengaruhi kinerja, demikian pula komitmen organisasi yang baik dan kondusifakan mempengaruhi kinerja. Expectancy (harapan) merupakan motivasi untuk mencapai kepuasan kerja dan kinerja. Variabel maupun indikator yang mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru perlu di teliti dan diperkuat dalam peningkatan kinerja guru. Sehingga perlu untuk dilakukan pengkajian variabel dan indikator tentang kepuasan kerja, kompetensi, komitmen organisasi dan expectancy (harapan) apakahmem-punyai pengaruh terhadap kinerja guru.

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkonfirmasi; 1)indikator-indikator yang menjadi komponen kepuasan kerja, 2) indikator-indikator yang menja-di komponen kompetensi, 3) indikator-indikator yang menjadi komponen komitmen organisasi, 4) indikator-indikator yang menjadi komponen expectancy dan 5) indikator-indikator yang menjadi komponen kinerja guru.

Selanjutnya untuk mengetahui; 1)hubungan langsung atau tidak langsung antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasi. 2 )hubungan langsung atau tidak langsung antara kepuasan kerja dengan expectancy guru. 3) hubunganlang-sung atau tidak langsung antara kompetensi guru dengan komitmen organisasi guru. 4) hubungan langsung atau tidak langsung antara kompetensi guru dengan expectancy guru. 5) hubungan langsung atau tidak langsung antara komitmen organisasi dengan kinerja guru. 6) hubungan langsung atau tidak langsung antara expectancy dengan kinerja guru. 7) hubungan lansung atau tidak langsung antara kepuasan kerja dengan kinerja guru. 8) hubungan lansung atau tidak langsung antara kompetensi guru dengan kinerja  guru.

Metode yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan korelasional, populasi penelitian adalah guru-guru di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Sampel penelitianberjumlah 102 guru.Analisis data menggunakan alisisstatistik inferensial untukmengetahuiindikator-indikatorapa yang menjadikom-ponenkepuasankerja guru, kompetensi guru, komitmenorganisasi guru, expec-tancy guru dankinerja guru  dengan menggunakan analisis CFA. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar variable (kepuasan kerja guru, komitmen guru, kompetensi guru, expectancy guru dankinerja guru) digunakan analisis SEM.

Hasil-hasil temuan dari penelitian ini adalah; 1) indikator yang paling dominan sebagai komponen kepuasan kerja adalah: pengakuan/penghargaan. 2)indicator dominan sebagai komponen kompetensi adalah: beraklakmuliadanmenjaditeladan. 3) indikator yang paling signifikan sebagai komponen komitmen organisasi adalah: tidak meninggalkan institusi sepanjang karir. 4) indikator yang paling dominan sebagai komponen expectancy adalah: kesesuaian kinerja dengan imbalan. 5) indikator paling dominan sebagai komponen kinerja adalah: memanfaatkan media pembelajaran secara optimal.

Sedangakan temuan