DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efek dari teknik Student Team-Achievement Division (STAD)dan Direct Instruction (DI) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa EFL.

Ulfa . Yuliasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliasari, Ulfa. 2015. Efek dari teknik Student Team-Achievement Division (STAD)dan  Direct Instruction (DI) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa  EFL. Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fachrurrazy, Ph.D. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati, M.A.

 

 

Keywords:   Teknik Student Team-Achievement Division (STAD), Teknik Direct Instruction (DI), Keterampilan Membaca.  

 

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui teknik STAD dan DI terhadap pemahaman membaca pada siswa yang belajar bahasa Inggris di teks deskriptif oleh siswa kelas VIII SMPN 5 Tuban tahun akademik 2015/2016. Asumsi untuk penelitian ini adalah “STAD lebih baik dan efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca untuk keterampilan membaca siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental dengan pretest dan posttest yang digunakan untuk dua kelompok. Sebanyak 72 siswa yang berasal dari dua kelas dilibatkan dalam penelitian ini.di pretest data homogenitas dilakukan dengan menggunakan test Lavene untuk menemukan informasi tentang kesamaan dan homogenitas di kedua kelas tersebut. Di perhitungan tes homogenitas menunjukkan 0,125, itu berarti nilai signifikansi di kelompok lebih besar dari signifikansi 0,05. Dapat disimpulakn bahwa perbedaan dalam data sama atau homogen.

Dua kelompok dibagi menjadi kelas VIII C dan  kelas VIII E. Posttest dilaksanakan setelah adanya perlakuan untuk mengukur keefektifan dari perlakuan. Dalam pengumpulan data, 20 soal pilihan ganda digunakan peneliti sebagai instrument penelitian. Statistik non-parametrik untuk mengetes sejak data dari dua kelompok adalah homogen dan linier, tetapi tidak normal.

           Temuan menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor kelompok  teknik STAD 85,14, sementara nilai rata-rata kelompok teknik DI  80,28. Perbedaan rata-rata perbedaan kedua kelompok adalah 4,86. Penambahan keterampilan membaca rata-rata nilai kelas C dengan signifikan lebih tinggi daripada penambahan keterampilan membaca rata-rata nilai kelas E. Hasil nilai signifikannya 0,018, itu berarti nilai signifikan lebih besar dari α 0,05 ((Sig.) 0,018