DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. EfekdariteknikStudent Team-Achievement Division (STAD)dan Direct Instruction (DI) TerhadapPemahamanMembacaSiswa

ULFA YULIASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitianinidilakukanuntukmengetahuiteknik STAD dan DI terhadappemahamanmembacapadasiswa yang belajarbahasaInggris di teksdeskriptifolehsiswakelas VIII SMPN 5 Tubantahunakademik 2015/2016. Asumsiuntukpenelitianiniadalah “STAD lebihbaikdanefektifdalampembelajaranketerampilanmembacauntukketerampilanmembacasiswa.

Penelitianinimenggunakanmetodekuasi-eksperimentaldenganpretestdanposttest yang digunakanuntukduakelompok. Sebanyak 72 siswa yang berasaldariduakelasdilibatkandalampenelitianini.di pretest data homogenitasdilakukandenganmenggunakan test Laveneuntukmenemukaninformasitentangkesamaandanhomogenitas di keduakelastersebut. Di perhitunganteshomogenitasmenunjukkan 0,125, ituberartinilaisignifikansi di kelompoklebihbesardarisignifikansi 0,05. Dapatdisimpulaknbahwaperbedaandalam data samaatauhomogen.

Duakelompokdibagimenjadikelas VIII C dankelas VIII E. Posttest dilaksanakansetelahadanyaperlakuanuntukmengukurkeefektifandariperlakuan. Dalampengumpulan data, 20 soalpilihangandadigunakanpenelitisebagai instrument penelitian.Statistik non-parametrik untuk mengetes sejak data dari dua kelompok adalah homogen dan linier, tetapi tidak normal.

Temuanmenunjukkanbahwanilai rata-rata skorkelompokteknik STAD 85,14, sementaranilai rata-rata kelompokteknik DI  80,28. Perbedaan rata-rata perbedaankeduakelompokadalah 4,86.Penambahanketerampilanmembaca rata-rata nilaikelas C dengansignifikanlebihtinggidaripadapenambahanketerampilanmembaca rata-rata nilaikelas E. Hasilnilaisignifikannya 0,018, ituberartinilaisignifikanlebihbesardari α 0,05 ((Sig.) 0,018 < α 0,005). Karenaitu, H0 ditolakdan  H1 bekerjaatauditerima.

Berdasarkanhasilpadatemuan, dapatdisimpulkanbahwanilai rata-rata menggunakanteknik STAD lebihbaikdaripadateknik DI dannilai rata-rata berbeda di peningkatan di keterampilanmembacasiswa. Hal inimenunjukkankeduakelompokberbedatapitidaksignifikan. Dengandemikian, disarankankepada guru ataudosenuntukmengadaptasiteknik STAD dalampengajaranmembaca.