DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Syair Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung

MUSTOFA . MUSTOFA

Abstrak


ABSTRAK

 

Mustofa, 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Syair Melalui Penerapan    

Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V SDI Bayanul

Azhar Sumbergempol Tulungagung. Tesis, Pendidikan dasar  Jurusan

Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muakibatul

Hasanah, M.Pd., (2) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Menulis, Syair.

 

Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis syair dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah di SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Adapun secara khusus penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pengajaran menulis syair siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, dan (2) meningkatkan kemampuan menulis syair siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Tindakan dilaksanakan 8 kali pertemuan dengan rincian 4 kali pertemuan setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai bulan November 2014. Data penelitian berupa data proses dan data produk diperoleh melalui teknik pengamatan, wawancara, dan penugasan. Insrumen yang digunakan adalah pedoman pengamatan, pedoman wawancara, dan lembar penugasan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan, pengamatan dan trianggulasi serta pengecekan teman sejawat. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data model alir yang meliputi kegiatan reduksi data, pemaparan data, verifikasi, dan penyimpulan data.

Simpulan hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dilaksanakan dengan baik, serta (2) penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis syair, baik dari segi proses maupuan dari segi produk pada tahap penemuan ide, penulisan, dan penyajian. Dari segi proses, pembelajaran menulis syair pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan: motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa menjadi bersemangat dan aktif mengikuti setiap langkah kegiatan pembelajaran, kreativitas dan keantusiasan siswa dalam pembelajaran menulis syair, keantusiasan dan kreativitas siswa dalam menemukan sendiri ide syair yang bersumber dari pengamatan. Dari segi produk, penerapan model ini pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam: memahami unsur-unsur dan pola penulisan syair deskriptif, menemukan ide yang berasal dari pengamatan, dan mendeskripsikan objek pengamatan sesuai dengan pola syair yang dipilih.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa proses kegiatan peningkatan siswa menulis syair baik pada tahap penemuan ide, penulisan dan penyajian sudah berhasil. Melalui tindakan tersebut siswa tidak lagi mengalami kesulitan menulis syair. ri pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. caraluas.