DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH STRAYEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF, BERPIKIR KRITS, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KELAS XI SMAN AMBULU-JEMBER

RISKI - FITRIYANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyani, Riski. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Kelas XI SMAN Ambulu-Jember. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd., (II) Dr. Ibrohim, M.Si.

 

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), inkuiri terbimbing, keterampilan metakognitif, berpikir kritis, hasil belajar kognitif

 

Pentingnya pembelajaran pada abad 21 dikarenakan perubahan yang menuntut siswa untuk kreatif, inovatif dan berpikir kritis. Siswa diharapkan mampu berkomunikasi dan berkolaborasi sehingga dapat dijadikan bekal hidup di masyarakat yang bertanggungjawab secara personal maupun sosial. Tujuan pembelajaran biologi akan memunculkan pemahaman kritis siswa terhadap pemahaman riil. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran biologi adalah menerapkan strategi pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembalajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada kelas XI SMA Ambulu-Jember.

Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunkan berupa Pretest-Postest Nonequivalent Control Design. Populasi penelitian ini diseluruh kelas XI IPA SMAN Ambulu-Jember pada semester ganjil  tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 4 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas XI IPA 5 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan uji kesetaraan menggunakan Anava berdasarkan nilai soal kesetaraan yang sudah divalidasi oleh ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian tertulis. Uji analisis hipotesis menggunakan anakova. Data penelitian sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorof-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Liven’s Test of Equality of Error Variance.

Berdasarkan hasil analisi data penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa  strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif. Saran yang diajukan dalam penelitian ini, guru biologi dapat menerapkan startegi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, berpikir kritis dan hasil belajar siswa.