DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SMA

tri agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustin, Tri. 2015. Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, PPS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si , (II) Drs. I Komang Astina, M.S., Ph.D

Kata kunci: guided discovery learning, hasil belajar

 

Guided discovery learning merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk dapat mengungkapkan informasi, fakta, konsep, prinsip dan teori melalui temuannya sendiri. Model guided discovery learning sesuai dengan esensi teori perkembangan kognitif yang mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman belajar. Dalam prosesnya siswa belajar untuk mengembangkan kemampuan berpikir mulai dari orientasi masalah sampai pada merumuskan kesimpulan dari hasil penyelidikan dengan bimbingan guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar geografi SMA pada materi pedosfer. Rancangan dalam penelitian ini berupa "quasi experiment" (eksperimen semu) dengan mengkaji dua variabel, yaitu model  guided discovery learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Malang semester genap tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes esai. Selanjutnya hasil pengukuran dianalisis menggunakan t-tes dengan bantuan program SPSS 18.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA pada materi pedosfer. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model guided discovery learning lebih tinggi dibanding metode pembelajaran ceramah dan penugasan. Berdasarkan selisih nilai post test dan pre test pada kelas eksperimen diperoleh gainscore yang lebih tinggi sebesar 39,33 dari pada kelas kontrol sebesar 33,90. Sedangkan dari analisis data dengan t-test menunjukkan bahwa nilai p-value < 0,05. Adanya pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa tidak lepas dari keunggulan model guided discovery learning yaitu melatih siswa untuk melakukan kegiatan penyelidikan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan secara komprehensif dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menemukan gagasan-gagasan baru dari hasil temuan mereka. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada guru untuk mengorganisasi waktu dengan baik serta menjelaskan secara rinci setiap langkah model guided discovery learning agar siswa tidak mengalami kesulitan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.