DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Berbasis Riset Uji Sitotoksisitas Partikel ZnO dan Sinar UV terhadap Sel Kanker Payudara MCF-7 untuk Matakuliah Biologi Sel di Universitas Negeri Malang.

.dinda ainul .lutfiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfiyah, Dinda Ainul. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Riset Uji Sitotoksisitas Partikel ZnO dan Sinar UV terhadap Sel Kanker Payudara MCF-7 untuk Matakuliah Biologi Sel di Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Umie Lestari, M.Si; (II) Nandang Mufti, S.Si, M.T., Ph.D.

 

Kata Kunci: pengembangan, buku ajar, berbasis riset, sitotoksisitas, Biologi Sel

 

Pembelajaran Biologi pada matakuliah Biologi di Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang belum mengakomodasi materi yang bersifat aplikasi konsep. Learning outcome yang diharapkan pada matakuliah Biologi Sel adalah mahasiswa mampu menggunakan konsep, prinsip dan prosedur dalam kajian riset untuk menemukan, menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan penerapan IPTEK dalam kajian Biologi Sel berbasis kesehatan. Berdasarkan analisis kebutuhan, untuk mencapai kompetensi tersebut, perlu dilakukan pengembangan buku ajar yang berisi aplikasi konsep, sehingga dikembangkan buku ajar berbasis riset. Konsep siklus dan pembelahan sel belum memuat materi yang bersifat aplikasi konsep, sehingga dikembangkan materi dengan menganalisis kurikulum dan KD terkait konsep tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar berbasis riset uji sitotoksisitas partikel ZnO dan sinar UV terhadap sel kanker payudara MCF-7 untuk matakuliah Biologi Sel di Universitas Negeri Malang.

Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang direkomendasikan oleh Molenda yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok sedang. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh digunakan untuk melakukan revisi produk yang dikembangkan.

Hasil uji sitotoksisitas partikel ZnO dan sinar UV terhadap sel kanker payudara MCF-7 menunjukkan bahwa H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan viabilitas antar rerata kelompok perlakuan yang diberikan. Dengan demikian, pemberian lama penyinaran UV dan konsentrasi ZnO yang berbeda berdampak terhadap persentase viabilitas sel, namun tidak terdapat perbedaan bermakna pada perlakuan yang berbeda. Hasil validasi ahli materi menunjukkan tingkat validitas 100% yang tergolong kategori sangat valid, atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Validasi ahli bahan ajar menunjukkan tingkat validitas sebesar 76,56% yang tergolong kategori cukup valid, atau dapat digunakan namun perlu revisi.Ujicoba kelompok sedang menunjukkan validitas sebesar 85,36% yang diperoleh tergolong kategori sangat valid, atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hal ini mengarahkan pada kesimpulan bahwa buku ajar Kanker yang dikembangkan telah layak untuk digunakan.